Susanto, Edi (2022) Model Bimbingan Guru Dalam Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Mambaul Hikmah Tampojung Pregi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a. EDI SUSANTO-20170701061014-sampul-PIAUD.pdf Download (88kB) |
|
Text
c. EDI SUSANTO-20170701061014-halaman persetujuan-PIAUD.pdf Download (75kB) |
|
Text
d. EDI SUSANTO-20170701061014-halaman pengesahan-PIAUD.pdf Download (258kB) |
|
Text
e. EDI SUSANTO-20170701061014-ABSTRAK-PIAUD.pdf Download (103kB) |
|
Text
f. EDI SUSANTO-20170701061014-DAFTAR ISI-PIAUD.pdf Download (49kB) |
|
Text
g. EDI SUSANTO-20170701061014-BAB I-PIAUD.pdf Download (179kB) |
|
Text
h. EDI SUSANTO-20170701061014-BAB II-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
i. EDI SUSANTO-20170701061014-BAB III-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
j. EDI SUSANTO-20170701061014-BAB IV-PIAUD.pdf Download (218kB) |
|
Text
k. EDI SUSANTO-20170701061014-BAB V-PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
l. EDI SUSANTO-20170701061014-Daftar Pustaka-PIAUD.pdf Download (106kB) |
|
Text
b. EDI SUSANTO-20170701061014-keaslian tulisan-PIAUD.pdf Download (205kB) |
Abstract
Kata kunci : Bimbingan Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini Bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian kepada anak usia dini sangatlah penting, agar anak dapat berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan tahapan usianya dan juga anak dapat mengidntifikasi lingkungan mana yang lebih baik untuk meraka. Maka dari itu, penanaman dan pembiasaan perlu diterapkan disetiap lembaga. Agar anak mempunyai kesiapan atau kemampan dalam mengatasi masalah tanpa adanya bantuan orang lain. Penanaman kemandirian tidak cukup dibentuk di lingkungan sekolah melankan keluarga dan masyarakat juga juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak. Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh guru di TK Mambaul Hikmah Tampojung Pregi Waru Pamekasan yang menjadi pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana model bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian anak usia dini, kedua apa saja kendala guru dalam menanamkan kemandirian anak usia dini, ketiga bagaimana cara guru dalam mengatasi kendala dalam menanamkan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana sumber ang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informen dalam menelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru kelas. Untuk mengecek keabsahan data melalui pengamatan secara terus menerus, memperpanjang masa observasi dan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama dalam mendorong kemandirian ank uia dini guru TK Mambaul Hikmah terlebih dahulu guru memberikan contoh kongkrit atau keteladanan kepada anak terkait bagaimana hidup mandiri dikehidupan sehari-hari. Sehingga anak dapat meniru apa yang pendidik lakukan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, dan pembiasaan berbaris sebelum masuk kelas. Kedua ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru di TK Mambaul Hikmah yaitu ada beberapa anak yang kurang mandiri (tidak dapat menulis dan menggambar sendiri, tidak terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan). Sehingga anak tersebut membutuhkan bantuan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:25 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4061 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |