Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal IV IV Jalan Bhayangkara RT.01/RW.02 Dusun Timur Desa Laden Kecamatan Pamekassan Pamekasan

Fitriyah, Lailatul (2021) Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal IV IV Jalan Bhayangkara RT.01/RW.02 Dusun Timur Desa Laden Kecamatan Pamekassan Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_COVER_PIAUD.pdf

Download (172kB)
[img] Text
c.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PIAUD.pdf

Download (139kB)
[img] Text
d.)LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_LEMBAR_PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (225kB)
[img] Text
e.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (166kB)
[img] Text
f.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_DAFTAR_ISI_PIAUD.pdf

Download (129kB)
[img] Text
g.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_BAB I_PIAUD.pdf

Download (321kB)
[img] Text
h.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
i.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
j.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (387kB)
[img] Text
k.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
l.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_DAFTAR_PUSTAKA_PIAUD.pdf

Download (181kB)
[img] Text
b.) LAILATUL FITRIYAH_20160701060031_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_TULISAN_PIAUD.pdf

Download (196kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Metode adalah sebuah garis pola yang sudah ditentukan oleh seorang pemimpin untuk mencapai suatu pembelajaran. Guru harus mempunyai sebuah metode agar tercapai sebuah pembelajaran yang ingin dicapai. Sebuah pembelajaran akan menjadai efektif jika guru memiliki metode yang tepat yang sesuai dengan kemampuan anak. Mengajari anak tentunya tidak sama dengan mengajari orang dewasa. Guru dituntut untuk kreatif agar anak tetap terfokuskan pada guru tersebut, jika anak selalu fokus pada guru maka kemampuan anak cepat meningkat karena anak usia dini merupakan anak yang unik yang berada pada masa golden age/keemasan pada masa tersebut anak mudah untuk berkembang dan anak memiliki sifat peniru jadi sikap guru gampang ditiru oleh anak. Mengenal huruf salah satu petunjuk untuk umat islam, selain sebagai petunjuk Mengenal huruf juga merupakan kitab yang diturunkan Allah pada nabi Muhammad. Maka dari itu Mengenal huruf sangat penting diajarkan sejak anak usia dini. Berangkat dari fenomena tersebut maka penelitian dilakukan dengan judul” Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal Dsn. Timur Laden Ds. Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penulis menggunakan wawancara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan tekhnik analisis datanya menggunakan deskriptif analisis. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamat, trianggulasi. Adapun tahapan penelitian yang digunakan ada 3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap pelaporan. Hasil yang didapatkan tentang Starategi Guru Dalam tgkan Kemampuan Mengenal huruf Anak Usia Dini di Kelompok Bermain ‘Aisyiyah Bustanul Atfal Dsn. Timur Laden Ds. Laden Kec. Pamekasan Kab. Pamekasan adalah yang pertama tahap perencanaan/rancangan vi dalam tahap ini guru membuat RPPH setelah itu guru mengabsen siswa untuk mengecek kehadiran anak, dan memberi sebuah motivasi serta rangsangan untuk anak. Yang kedua tahap pelaksanaan pada tahap ini anak membaca doa sebelum belajar dan mebaca huruf dan menggunakan metode huruf , pada metode ini ada buku panduanya berupa buku huruf , buku tersebut dikumpulkan didepan dimeja guru, dan sistem bacanya yaitu dilakukan dengan indivudu/privat, serta memulai bacanya dengan taawudz jika ada mad maka menggunakan jari untuk menghitung panjang madnya. Yang ketiga evaluasi yaitu dengan cara mengetes setiap bacaan anak dan menggunakan symbol bintang untuk yang sudah berhasil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:38
Last Modified: 31 Mar 2023 01:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4067

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item