Khoirinnisak, Khoirinnisak (2020) Pengaruh Pembelajaran Pengembangan Diri (PD) terhadap Peningkatan Motivasi Siswa di Kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Khoirinnisak_20160701010075_Cover_PAI.pdf Download (117kB) |
|
Text
c) Khoirinnisak_20160701010075_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (87kB) |
|
Text
d) Khoirinnisak_20160701010075_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf Download (91kB) |
|
Text
e) Khoirinnisak_20160701010075_Abstrak_PAI.pdf Download (77kB) |
|
Text
f) Khoirinnisak_20160701010075_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (92kB) |
|
Text
g) Khoirinnisak_20160701010075_BAB I_PAI.pdf Download (312kB) |
|
Text
h) Khoirinnisak_20160701010075_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
i) Khoirinnisak_20160701010075_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
j) Khoirinnisak_20160701010075_BAB IV_PAI.pdf Download (826kB) |
|
Text
k) Khoirinnisak_20160701010075_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
l) Khoirinnisak_20160701010075_Daftar_Pustaka_PAI.pdf Download (90kB) |
|
Text
b) Khoirinnisak_20160701010075_Surat_Pernyatan_Keaslian_Karya_PAI.pdf Download (271kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan diri dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya sebagai seorang pelajar harus dapat meningkatkan potensi ataupun bakat dalam dirinya, dengan mengembangkan diri akan meningkatkan keimanan serta menanamkan kepercayaan diri pada anak, kepercayaan diri inilah yang akan memperkuat motivasi untuk mencapai sebuah keberhasilan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, adakah pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Kedua, seberapa besar pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus yang digunakan adalah product moment dan instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil panelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pengembangan diri dengan motivasi siswa terbukti “r” kerja sebesar 0,439 maka “r” kerja > “r” tabel (0,368 > 0,284). Maka Ha diterima dan HO ditolak. Dengan dibuktikan bahwa : Pertama, ada pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siwa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekesan, hal ini dibuktikan dengan nilai hasil data statistik yang menujukkan bahwa “r” kerja (yakni 0,439) lebih besar dari “r” tabel product moment dimana N = 48 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,284 dan dalam interval kepercayaan 99% di peroleh nilai sebesar 0,368. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y, artinya bahwa ada pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. “Kedua, besar pengaruh pembelajaran pengembangan diri (PD) terhadap peningkatan motivasi siswa di kelas XI MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan adalah cukup. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik yang menujukkan bahwa “r” kerja yakni 0,439 berada pada interval koefisien 0,40-0,70 dengan interpretasi cukup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 03:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 03:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/413 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |