Sofran, Radical Ardi (2022) Keselarasan Patron Klien dengan Etika Bisnis Islam di Dusun Candi Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Cover_ES.pdf Download (53kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Lembar Persetujuan Pembimbing_ES.pdf Download (106kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Lembar Pengesahan_ES.pdf Download (242kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Abstrak_ES.pdf Download (8kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Daftar Isi_ES.pdf Download (13kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_BAB I_ES.pdf Download (254kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_BAB IV_ES.pdf Download (454kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Daftar Pustaka_ES.pdf Download (119kB) |
|
Text
Radical Ardi Sofran_20170703031150_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (202kB) |
Abstract
Kata kunci: Keselarasan, Patron Klien, Etika Bisnis Islam Nelayan merupakan orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan. Dalam perstatistikan perikanan perairan umum, nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan operasi penangkapan ikan di perariran umum. Patron klien merupakan tatanan sosial yang tumbuh di masyarakat dalam bentuk keterikatan anggota-anggota masyarakat dalam satu wilayah. Bentuk keterikatan tersebut berupa relasi sosial, kerja, hingga relasi ekonomi. Sistem patron klien pada masyarakat nelayan yaitu ketika pemilik perahu (patron) menyediakan perahu, alat tangkap dan modal untuk para buruh nelayan dalam menangkap ikan. Berdasarkan hal tersebut, maka dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama bagaimana sistem patron klien masyarakat nelayan di Dusun Candi Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Kedua bagaimana keselarasan sistem patron klien dengan etika bisnis Islam di Dusun Candi Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah pemilik perahu (patron) dan buruh nelayan (klien). Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama sistem patron klien masyarakat nelayan di Dusun Candi Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan sudah terjadi sejak lama, nelayan merupakan salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar. Nelayan di Dusun Candi Desa Polagan termasuk pada nelayan kelompok yaitu buruh nelayan (klien) yang bekerja menggunakan perahu, alat tangkap, dan modal yang disediakan oleh pemilik perahu/ juragan (patron). Kedua, keselarasan sistem patron klien di Dusun Candi Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responbility), dan kebenaran (kejujuran dan kebajikan) karena pemilik perahu/ juragan (patron) dan buruh nelayan (klien) bekerja tidak hanya fokus pada urusan duniawi tetapi juga dengan akhirat yaitu ibadah, jadi semua dilakukan sesuai dengan kesepakatan (akad) diawal yang telah disepakati antara kedua belah pihak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 29 May 2023 06:47 |
Last Modified: | 29 May 2023 06:47 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4158 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |