Manajemen Program Tahfidz Qur’an Dalam Pengembangan Minat Menghafal Al-Qur’an siswa Di SMPI Bahrul Huda Pamekasan

Rofieq, A. Zainur (2021) Manajemen Program Tahfidz Qur’an Dalam Pengembangan Minat Menghafal Al-Qur’an siswa Di SMPI Bahrul Huda Pamekasan. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Cover_MPI.pdf.pdf

Download (215kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Halaman_Persetujuan_MPI.pdf.pdf

Download (42kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Halaman Pengesahan_MPI.pdf.pdf

Download (130kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_ABSTRAK_MPI.docx

Download (29kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Daftar Isi_MPI.pdf.pdf

Download (192kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_BAB I_MPI.pdf.pdf

Download (317kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_BAB II_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_BAB III_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_BAB IV_MPI.pdf.pdf

Download (587kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_BAB V_MPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Daftar_Rujukan_MPI.pdf.pdf

Download (387kB)
[img] Text
A. Zainur Rofieq_20160701040001_Surat_Pernyataan_ Keaslian_Karya_MPI.pdf.pdf

Download (121kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Program tahfidz, Menghafal, al-Qur’an Secara etimologi kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno management, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dalam bahasa inggris, kata manajemen bersala dari to mange artinya mengelola, membimbing, dan mengawasi. Program tahfidz Al-Qur’an harus selalu diperbaharui, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya, terutama dalam hal metode pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa (santri) saat ini agar pelaksanaannya menjadi semakin efektif dan efesien. Menghafal Al-Qur’an sangat berbeda dengan menghafal kamus atau buku, dalam menghafal Al-Qur’an harus benar tajwid dan fasih dalam melafalkannya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana bentuk program tahfidz Qur’an dengan minat menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Pamekasan; kedua, Bagaimana proses pelaksanaan tahfidz Qur’an di SMPI Bahrul Huda Pamekasan; ketiga, Bagaimana factor pendukung dan penghambat tahfidz Qur’an dalam minat menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk program tahfidz Qur’an dengan minat menghafal Al-Qur’an yaitu, bagaimana suatu program yang di jalankan berjalan secara maksimal, penentu dalam pendeskripsian tujuan yang ingin di capai, suatu penentuan strategi atau metode yang akan di pakai dalam pelaksanaan seperti pembagian surah dan ayat dari kelas tujuh samapai kelas sembilan, penetuan suatu meteri-materi yang akan di terapkan dalam sebuah program, dan juga mengembangkan rancangan dalam pelaksanaannya. Kedua, Proses pelaksanaan tahfidz Qur’an di SMPI Bahrul Huda Pamekasan yaitu dengan di lakukan pembiasaan merojaah bacaan perayat-ayat kepada sesame teman sebelum memulai mata pelajaran dari jam 06:30-07:00 sesuai dengan jadwal kelas masing-masing. Ketiga Factor pendukung dan penghambat tahfidz Qur’an dalam minat menghafal Al-Qur’an di SMPI Bahrul Huda Pamekasan yaitu Factor lingkungan yang sejuk nyaman jauh dari kebisingan, sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran, factor yang menghambat dalam proses pembelajaran tahfidz yaitu; ketika dalam membenarkan mekhorijul huruf anak santri susah dalam menerapkannya dan kurangnya keistiqomahan dalam menghafalnya, sudah mengenal lawan jenis, banyak alasan untuk tidak bisa hafalan karena alasan berbenturan dengan kegiatan sekolah dan kepesantrenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 May 2023 04:57
Last Modified: 29 May 2023 04:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4185

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item