Analisis Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitias Baca Al-Qur’an Siswa di SD Qur’an Utrujah Pamekasan

Jannah, Irvatul (2022) Analisis Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitias Baca Al-Qur’an Siswa di SD Qur’an Utrujah Pamekasan. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_Cover_PGMI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Irvatul Janah_18381052036_Abstrak_PGMI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_Daftar isi_PGMI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_BAB I_PGMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_BAB IV_PMI.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_BAB_V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_18381052036_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Irvatul Jannah_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Ummi, Kualitas Bacaan Al-Qur’an. Problem masyarakat mengenai minimnya pengetahuan dalam membaca Al-Qur’an secara lancar, baik dan benar masih terbilang tinggi di Indonesia yang mayoritas beragama islam. Hadirnya lembaga-lembaga pembelajaran Al-Qur’an yang memerlukan metode tertentu merupakan salah satu solusi atas problem tersebut. SD Qur’an Utrujah Panekasan merupakan salah satu lembaga formal yang menggunakan metode ummi dalam belajar membaca Al-qur’an. Karena dinilai sangat efektif untuk diterapkan kepada peserta didik yang ingin mengetahui cara membaca Al-Qur’an secara praktis, lancar, baik dan benar menurut kaidah tajwid. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan metode ummi dalam meningkatakan kualitas baca Al�Qur’an siswa kelas 1 SD Qur’an Utrujah Pamekasan, 2. Apa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kualitas baca Al-qur’an siswa kelas 1 dengan menggunakan metode ummi di SD Qur’an Utrujah Pamekasan. Penlitian ini menggunakan penedekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teori dari milles dan Huberman yaitu redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan tringulasi sumber. Hasil penelitian analisis metode ummi dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an siswa kelas 1 di SD Qur’an Utrujah Pamekasan sangat bagus. Dilihat dari setiap evaluasi bacaan baik dari makhorijul huruf maupun tajwid. Pelaksanaan pembelajarannya, yaitu: 1) Pembagian kelompok dengan menyesuaikan kemampuan anak pada jilid. Pertama kelompok klasikal individual digunakan untuk jilid 1,2,3 dan 4. Kedua kelompok klasikal baca simak digunakan untuk jilid 5,6 dan Al-Qur’an. 2) Dilaksanakan dengan 7 tahapan, yaitu: pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi dan penutup. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi siswa kelas 1 di SD Qur’an Pamekasan yaitu; 1) terkadang kurang konsisten disuatu kelas karena ada beberapa guru atau peserta didik yang tidak masuk tanpa ada keterangan, 2) peserta didik yang memiliki perbedaan karakter dalam satu kelas, 3) guru dan peserta didik yang kurang disiplin. Sedangkan faktor pendukung pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode ummi siswa kelas 1 di SD Qur’an Utrujah Pamekasan yaitu; 1) mendapat dukungan dari wali murid atau masyarakat berupa materil maupun non materil, 2) sarana dan prasarana yang memadai, 3) guru yang kompeten, 4) desain pembelajaran Al-Qur’an yang mudah dan menyenangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 May 2023 04:58
Last Modified: 29 May 2023 04:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4187

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item