Pola Komunikasi Guru Agama dalam Membina Akhlak Siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep (Tahun Ajaran 2021-2022)

Arofah, Haflatul (2022) Pola Komunikasi Guru Agama dalam Membina Akhlak Siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep (Tahun Ajaran 2021-2022). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_Cover_KPI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_Persetujuan Pembimbing_KPI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_Halaman Pengesahan_KPI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_ABSTRAK_KPI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_DAFTAR ISI_KPI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_BAB I_KPI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_BAB IV_KPI.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_Daftar Pustaka_KPI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Haflatul Arofah_18382062034_Pernyataan Keaslian_KPI.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Guru Agama, Membina Akhlak Komunikasi adalah bagian penting di dalam kehidupan manusia dalam menjalankan rutinitasnya sehari-hari. Komunikasi sendiri memiliki bentuk antara lain yakni, komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan juga komunikasi massa. Peran komunikasi begitu penting dalam kehidupan bersosialisasi dengan individu lainnya, tak terkecuali dalam kegiatan belajar mengajar dan pembinaan akhlak. Tujuan pendidikan dan pembinaan itu sendiri adalah untuk dapat mendidik dan meningkatkan kualitas siswa khususnya pada kategori akhlak. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang digunakan guru agama dalam membina akhlak siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep, bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru agama dalam membina akhlak siswa MA Al-Khairi Jaddung Sumenep, dan bagaimana efek komunikasi yang dilakukan guru agama dalam membina akhlak siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis interaktif model Miles & Huberman. Dari hasil penelitian, guru agama di MA Al-Khairi menggunakan pola komunikasi interpersonal. Ini dilihat dari guru agama yang menyampaikan materi kepada siswa di dalam kelas dan ada umpan balik atau feedback siswa dalam hal ini. Lalu, komunikasi kelompok, yakni saat membina akhlak siswa guru agama menyampaikan materi di depan siswa dalam kelas yang mana jumlah siswa yang ada lebih dari tiga orang atau lebih. Untuk faktor pendukung yang dialami guru agama dalam membina akhlak siswa di MA Al-Khairi adalah siswa kondusif, dan adanya program kegiatan pagi sedangkan penghambatnya adalah adanya siswa yang lalai dalam mengerjakan tugas dan minimnya waktu mengajar. Efek komunikasi yang timbul adalah efek kognitif, afektif, konatif dan dari ketiga efek tersebut siswa MA Al-Khairi termasuk pada tiga efek komunikasi tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 May 2023 03:25
Last Modified: 25 May 2023 03:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4227

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item