Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Jasa Pengiriman Barang J&T Express Trunojoyo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah

Abdullah, Noval (2022) Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Jasa Pengiriman Barang J&T Express Trunojoyo Pamekasan, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Cover_ES.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Lembar Pengesahan_ES.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Abstrak_ES.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_BAB I_ES.pdf

Download (419kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_BAB IV_ES.pdf

Download (673kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Noval Abdullah_18383031144_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_ES.pdf

Download (235kB)

Abstract

Kata Kunci: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam, J&T Express Pada era modern seperti saat ini dapat memicu persaingan yang semakin ketat bagi perusahaan untuk bersaing atau mengetahui strategi pemasaran apa yang harus diterapkan di perusahaan tersebut dan tentunya berdasarkan kaidah dan etika bisnis islam. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang sampai saat ini masih berkembang yaitu J&T Express, termasuk juga J&T Express yang berada di Pamekasan terus berkembang dan masih mampu bersaing dengan perusahaan yang sejenisnya dan bisa dikatakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terbaik dan terlaris diantara perusahaan jasa pengiriman barang lainnya dan juga dapat memberikan pelayanan yang bagus terhadap pelanggannya seperti barang cepat sampai pada tujuan. Penentuan marketing mix atau bauran pemasaran yang tepat akan mempermudah perusahaan untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan kegiatan pemasaran produk dan jasa secara lebih baik dan menjadi daya saing bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Implementasi marketing mix yang dilakukan oleh perusahaan J&T Express Trunojoyo Pamekasan dalam penerapan strategi product mempunyai delapan produk jasa yang ditawarkan kepada customer. Strategi Price menerapkan Harga Regular Service Premium. Strategi Promotion melalui sarana advertising dan sarana publicity. Strategi Place mengutamakan di pinggir jalan raya karena akan mempermudah karyawan maupun customer yang akan datang. Strategi People dengan cukup baik dalam merekrut, melatih, menyeleksi, memotivasi, dan memberikan hak SDM selayaknya. Strategi Process menerapkan proses incoming dan outgoing. Strategi Physical Evidence dengan memiliki ciri khas sederhana dan memberikan pelayanan dan kenyamanan terhadap customer. (2) Implementasi marketing mix yang dilakukan oleh J&T Express Trunojoyo Pamekasan sudah sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu unity (kesatuan), equilibrium (keseimbangan), free will (kebebasan berkehendak), responsibility (tanggung jawab), dan benevolence (kebenaran) yang dilakukan pada kegiatan pemasarannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 29 May 2023 03:56
Last Modified: 29 May 2023 03:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4234

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item