Riyanto, Moh Ali (2020) Efektivitas Kurikulum 2013 Terhadap Kegiatan Pembelajaran PAI Pada Kelas Reguler di SMPN 1 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a). Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ COVER_PAI.pdf Download (117kB) |
|
Text
c) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING _PAI.pdf Download (75kB) |
|
Text
d) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf Download (2MB) |
|
Text
e) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ ABSTRAK_PAI.pdf Download (35kB) |
|
Text
f) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (98kB) |
|
Text
g) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ BAB 1_PAI.pdf Download (135kB) |
|
Text
h) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
i) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
j) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ BAB IV_PAI.pdf Download (315kB) |
|
Text
k) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
l) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf Download (99kB) |
|
Text
b) Moh Ali Riyanto_ 20160701010112_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas Kurikulum 2013, Kegiatan Pembelajaran PAI, Pada Kelas Reguler. Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMPN 1 Pademawu, di sekolah sana sama dengan hal sekolah-sekolah umum yang lainya, akan tetapi Adanya pemetaan kelas Unggulan dan reguler merupakan merupakan salah satu Upaya guru agar yang pintar tidak terpengaruh pada yang bodoh, nakal, malas belajar, tiadak aktif di dalam kelas. oleh karena itu dengan adanya pemetaan kelas, yang tentunya pada reguler banyak siswa yang dalam ranah kognitif, afektif dan psilomotoriknya masih kurang di bandingkan kelas reguler yang sudah di seleksi setiap mau kenaikan kelas. Hal ini dalam kurikulum 2013 yang siswanya di tuntut untuk aktif dan guru sebagai fasilitator tentunya di dalam proses kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PAI sulit untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 pada kelas reguler. Ada tiga focuspenelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1). Bagaimana efektivitas kurikulum 2013 terhadap kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1 Pademawu (2). Bagaimana mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1 pademawu. (3). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data dengan melakukan Pengumpulan Data, Reduksi Data dan menyajikan Data dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Pertama, Bagaimana efektivitas kurikulum 2013 terhadap kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1 Pademawu yaitu: a). kurikulum 2013 sudah diterapkan di SMPN 1 Pademawu meskipun tidak isemuanya berpatokan pada kurikulum 2013 meskipun mirip seperti KTSP pada umumnya. b). guru sudah mengupayakan untuk mewujudkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran agar efektif. c). siswa membutuhkan bimbingan dari seorang guru, karena IQ mereka yang kurang dari rata-rata yang tidak seperti kelas ungglan. d). selain itu adanya ketidak seriusan murid dalam belajar dalam proses pembelajaran. Kedua, Bagaimana mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam kegiatan pembelajaran PAI pada kelas reguler di SMPN 1 pademawu yaitu: a) implementasi kurikulum 2013 seorang guru harus benarbenar memperhatikan keadaan sekitarnya dalam proses pembelajaran, dan tau bagaimana situasi dan kondisi untuk menerapkan kurikulum 2013. b) seorang guru dituntut didalam proses pembelajaran harus kreatif dalam mengajar. c) kurikulum 2013 sudah di upayakan semaksimal mungkin oleh gurunya namun peserta didiknya memang suli dalam meniplementasikan 2013 dalam kelas reguler karena berbeda dengan kelas ungulan yang Iqnya tinggi diatas rata-rata. d) dalam vi proses pembelajaran masih menggunakan metode-metode klasic seperti KTSP. Ketiga, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 yaitu: a) guru sudah mendukung dengan adanya kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi pada proses pembelajaran yang yang dilakukan dengan sesuai situasi dan kondisi pada kelas reguler. b) murid kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. c) murid sulit diatur dan tidak serius ketika memakai metode sesuai dengan kesiapan belajar murid dalam berinteraksi antara guru dengan murid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71I ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 05:00 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 05:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/424 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |