Hidayat, Achmad Haris (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Siswa. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Cover_BKPI.pdf Download (15kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Halaman_Persetujuan_BKPI.pdf Download (147kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Halaman_Pengesahan_BKPI.pdf Download (192kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Abstrak_BKPI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (102kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_BAB I_BKPI.pdf Download (230kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_BAB IV_BKPI.pdf Download (268kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (220kB) |
|
Text
Achmad Haris Hidayat_18381091002_Pernyataan_Keaslian_BKPI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial Interaksi sosial yang rendah sering kali menghambat peserta didik dalam memperoleh prestasi yang lebih baik. Dengan berinteraksi peserta didik dapat membandingkan pemikiran dan pengetahuannya dengan orang lain. Artinya dengan berinteraksi dengan orang lain, siswa memperbaiki pemahaman dan pengetahuan mereka dan membantu membentuk pemahaman tentang orang lain. Interaksi sosial yang rendah ini dikarenakan disebabkan dari berbagai macam faktor penghambat. Maka dalam hal ini, siswa membutuhkan bantuan dalam meningkatkan interaksinya dalam belajarnya yang rendah. Interaksi yang rendah tersebut, bisa ditingkatkan dengan cara memberikan treatment atau sebuah perlakuan berupa bimbingan kelompok. Menurut pengertiannya Bimbingan kelompok merupakan bantuan yang diberikan oleh seorang yang memiliki keahlian khusus atau bisa disebut dengan konselor kepada orang yang memiliki permasalahan atau bisa disebut dengan konseli dalam suasana kelompok yang mana tujuannya untuk mencari alternatif penyelesaian masalah. Dalam penelitian ini, terdapat dua permasalahan yang diteliti oleh peneliti yakni: pertama, Ada pengaruh antara bimbingan kelompok dengan peningkatan interaksi sosial di SMAN 2 Pamekasan; kedua, Seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi social siswa di SMAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan rancangan pre experimental design dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Dalam hal ini,peneliti meneliti siswa kelas X IPS 1. Dengan jumlah populasi siswanya 1.134 orang dan sampelnya 30 orang. Dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala interaksi belajar siswa dengan kategori sedang berjumlah 11 siswa kelas X IPS 1 di SMAN 2 Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok sangat efektif dalam meningkatkan interaksi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji Paired Sample T-Test diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 kurang dari 0,05. Dengan demikian, ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-test dan post-test. Hal tersebut juga ditunjukkan dengan hasil dari nilai T hitung sebesar 3.909 lebih besar dari T Tabel sebesar 2,091. Maka ada pengaruh dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil pengujian nilai korelasi sebesar 0,620 hampir mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara bimbingan kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4245 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |