Anggraini, Dewi (2022) Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Sabilul Ihsan Teja Timur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_SAMPUL.pdf Download (93kB) |
|
Text
19381092033_Dewi Anggraini_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_BAB I.pdf Download (289kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAIN_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGRAINI_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
19381092033_DEWI ANGGRAINI_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kata kunci : Status Sosial Ekonomi, Orang Tua, Prestasi Belajar Status sosial ekonomi adalah kondisi yang menggambarkan kedudukan seseorang atau keluarga dalam masyarakat yang di pengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Namun, status sosial ekonomi bisa menyebabkan prestasi belajar anak tinggi dan bisa menyebabkan prestasi anak menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus pembahasan yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa di SMA Sabilul Ihsan? kedua, bagaimana gambaran prestasi bekajar siswa di SMA Sabilul Ihsan? ketiga, bagaimana dampak status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMA Sabilul Ihsan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Deskriptif kualitatif adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarka fenomena, fakta maupun keadaan yang terjadi di lapangan selama penelitian berlangsung secara alamiah (apa adanya). Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah , waka kesiswaan, waka kurikulum,wali kelas, siswi beprestasi, siswi tidak berprestasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Gambaran prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Sabilul Ihsan sudah sangat baik dan sangat beragam juga terdapat siswa yang memiliki prestasi pada masing-masing kategori. Siswa yang tidak berprestasi di pengetahuan namun berprestasi di bidang keterampilan, sikap sosial dan sikap spiritual, hal itu di karenakan sebagaimana aspek-aspek penilaian yang di gunakan di SMA Sabilul Ihsan; kedua, Gambaran status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI di SMA Sabilul Ihsan sangat beragam dengan rata-rata mempunyai status sosial ekonomi rendah. Status sosial ekonomi di pengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Status sosial ekonomi rendah yaitu orang tua siswa yang berpendidikan rendah, pekerjaan berstatus rendah (petani) dan pendapatan kurang lebih Rp. 500.000 per bulan sebanyak 74%. Status sosial ekonomi sedang yaitu orang tua siswa berpendidikan sedang, pekerjaan berstatus sedang, pendapatan kurang lebih Rp. 500.000 per bulan sebanyak 21%. Status sosial ekonomi tinggi yaitu berpendidikan tinggi, pekerjaan berstatus tinggi, dan pendapatannya Rp. 2.000.000 per bulan sebanyak 5%; ketiga,dampak status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Sabilul Ihsan tidak memberikan dampak yang signifikan, karena di SMA Sabilul Ihsan terbukti ada siswa yang orang tuanya mempunyai status sosial ekonomi yang rendah namun anaknya mempumyai prestasi belajar yang tinggi. Dan ada juga siswa yang mempunyai prestasi belajar yang rendah namun status sosial ekonomi orang tuanya tinggi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:59 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4249 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |