Peran Guru Dalam Mengatasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kelompok A Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Kholidia, Naily (2022) Peran Guru Dalam Mengatasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kelompok A Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NAILY KHOLIDIA_19381062050_Sampul.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_Halaman Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_Abstrak.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_BAB IV.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Naily Kholidia_19381062050_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (59kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru, Perkembangan Sosial Emosional, dan Anak Usia Dini Masa usia dini merupakan periode emas (Golden Age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Secara umum masa keemasan anak di Indonesia ditetapkan mulai dari usia 0-6 tahun. Periode tersebut merupakan masa�masa yang berharga bagi anak untuk mengenali berbagai macam fakta yang ada dilingkungannya sebagai bentuk stimulus untuk perkembangan kepribadian, kognitif, maupun sosial emosionalnya. Dalam proses pendidikan guru tidak hanya menjalankan fungsi alih ilmu pengetahuan, tetapi juga berfungsi untuk menanamkan nilai serta membangun karakter. Pendidik mempunyai tanggung jawab sebagai model yang harus memiliki nilai-nilai moral dan selalu memanfaatkan kesempatan untuk mempengaruhi dan mengajak peserta didiknya. Dalam hal ini guru atau pendidik yang berada di lingkungan sekolah atau madrasah hendaknya mampu menjadi suri tauladan terhadap semua peserta didiknya. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana permasalahan-permasalahan perkembangan sosial emosional anak A dan bagaimana peran guru dalam mendampingi perkembangan sosial emosional anak di kelompok A TK Matsaratul Huda. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalis permasalahan-permasalahan perkembangan sosial emosional anak dan peran guru dalam mendampingi perkembangan anak di kelas kelompok A. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data memakai tiga cara yaitu: obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh di sederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan juga guru kelompok A TK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa permasalahan-peramsalahan perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak usia dini di kelas kelompok A bermacam�macam. Permasalahan tersebut diantaranya adalah sikap penakut, rasa cemas, sikap pemalu, rendah diri, anak yang tidak memiliki sikap simpati, dan ketidak patuhan. Yang mana permasalahan tersebut sering ditemukan dalam perkembangan sosial emosional anak. Sementara itu untuk mengatasi permasalahan perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak, guru di kelompok A melakukan beberapa peran dalam mendampingi perkembangan sosial emosional anak. Peran-peran yang dilakukan adalah peran guru sebagai edukator, peran guru sebagai manajer, peran guru sebagai supervisor, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai innovator, peran guru sebagai komunikator, dan peran guru sebagai fasilitator bagi anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 May 2023 03:59
Last Modified: 29 May 2023 03:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4251

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item