Wardani, Indah Tri (2022) Problematika Siswa Kelas X Dalam Menulis Puisi di MA Al-Ula Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Cover_TBIN.pdf Download (237kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf Download (605kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf Download (364kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Abstrak.pdf Download (186kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Daftar_ Isi_TBIN.pdf Download (190kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_BAB I_TBIN.pdf Download (420kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_1838172062_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_BAB IV_TBIN.pdf Download (461kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072063_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf Download (431kB) |
|
Text
Indah Tri Wardani_18381072062_Surat_Pernyataan_keaslian_Tulisan_TBIN.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kata Kunci: Problematika, Menulis Puisi Siswa Menulis puisi merupakan salah satu kemampuan sastra yang harus dikuasai siswa. Mempunyai kemampuan menulis puisi akan tetapi, tidak semudah yang dibayangkan. Rintihan atas kemampuan menulis puisi siswa masih jauh dari standart. Beraneka ragam sudut pandang siswa yang mempengaruhi kemampuan menulis puisi diantaranya kurangnya kosa kata siswa, kurang mampu mengembangkan ide dalam bentuk tulisan, kurangnya motivasi dalam belajar, dan siswa kurang mampu menulis puisi. Dalam menulis puisi, semestinya siswa memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi agar puisi yang dibuat sesuai dengan aturannya dan supaya lebih berbobot. Melainkan apabila siswa tidak mampu menulis puisi dengan memanfaatkan unsur-unsur pembangun puisi bisa jadi karena adanya permasalahan yang membuat siswa merasa kesulitan. Penelitian ini di fokuskan pada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok. Pertama Bagaimana bentuk problematika yang dihadapi siswa kelas X dalam menulis puisi di MA Al-Ula. Kedua Bagaimana solusi dalam menulis puisi kelas X di MA Al-Ula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kelas X MA Al-Ula dan peneliti instrumennya, sedangkan pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedurya itu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah siswa dan guru bahasa Indonesia. Sedangkan pengecekakan keabsahan data dilakukan melauli keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian pada Skripsi ini menunjukkan bahwa, Pertama bentuk problematika dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat permasalahan dalam menentukan diksi. 2) terdapat permasalahan dalam wujud visual puisi. 3) terdapat permasalahan dalam menentukan suasana hasil karya tulisan puisi siswa. 4) terdapat permasalahan dalam penggunaan bahasa figuratif. 5) terdapat problematika dalam rima. 6) Problematika dalam menentukan tema. 7) Problematika dalam menentukan amanat. Sedangkan Kedua solusi dalam menulis puisi, dapat disimpulkan bahwa dengan memilih variasi pembelajaran yaitu variasi media audio visual.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 01:35 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 01:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4274 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |