Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan

Humairah, Siti Aisyatul (2022) Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Cover_TBIN.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Abstrak_TBIN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_BAB I_TBIN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_BAB IV_TBIN.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Siti Aisyatul Humairah_18381072133_Surat_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf

Download (443kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Blended Learning, Prestasi Belajar. Penelitian in dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti tentang model pembelajaran blended learning. Model blended learning merupakan gabungan model pembelajaran tatap muka dan pembelajaran virtual. Pada tahun 2020 model pembelajaran ini sudah diterapkan di MA Mambaul Ulum 2. Alasan peneliti mengambil model pembelajaran blended learning yaitu 1. Adakah pengaruh model blended learning terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan. 2. Seberapa signifikan pengaruh model blended learning terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental designs. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MA Mambaul Ulum 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa. Jenis instrument yang digunakan yaitu pre-test, post-test, dan dokumentasi. Validasi dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS 25. Penelitian menggunakan dua model pembelajaran yaitu model blended learning pada kelompok eksperimen dan model face to face learning pada kelompok kontrol. Pada penelitian ini diperoleh bahwa hasil rata-rata nilai kelompok eksperimen yang meningkat, nilai pretest sebesar 49,25 dan nilai posttest 73,25. Hasil perhitungan statistik menggunakan software IBM SPSS 25 pada uji corelasi pearson diperoleh nilai sebesar 0, 893 berdasarkan pedoman derajat hubungan dari hasil perhitungan statistik tersebut termasuk memiliki korelasi sempurna, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Blended learning terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2. Hasil uji paired sample t-test diperoleh hasil sebesar 0,000. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 menggunakan model Blended Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:14
Last Modified: 08 Jun 2023 04:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4277

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item