Nurul, Fadilah (2020) Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Khulashoh nurul yaqin melalui penerapan metode Reward and Punishment di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ittihadul Mudzakkirin Murtajih Pademawu Pamekasan. Institut Agama Islam Negeri Madura, ,Fakultas Tarbiyah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a. Nurul Fadilah-20160701010144-Sampul-PAI.pdf Download (35kB) |
|
Text
c Nurul Fadilah-20160701010144-Halalaman Persetujuan-PAI.pdf Download (39kB) |
|
Text
d Nurul Fadilah-20160701010144-Halaman Pengesahan-PAI.pdf Download (44kB) |
|
Text
e Nurul Fadilah-20160701010144-Abstrak-PAI.pdf Download (15kB) |
|
Text
f Nurul Fadilah-20160701010144-Daftar Isi-PAI.pdf Download (32kB) |
|
Text
g Nurul Fadilah-20160701010144-BAB I-PAI.pdf Download (60kB) |
|
Text
h Nurul Fadilah-20160701010144-BAB II-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
i Nurul Fadilah-20160701010144-BAB III-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
j Nurul Fadilah-20160701010144-BAB IV-PAI.pdf Download (91kB) |
|
Text
k Nurul Fadilah-20160701010144-BAB V-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
l Nurul Fadilah-20160701010144-Dfatar Pustaka-PAI.pdf Download (21kB) |
|
Text
b Nurul Fadilah-20160701010144-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf Download (59kB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi belajar, Mata pelajaran Khulashoh Nurul Yaqin, Metode Reward and Punsihment. Penelitian ini dilatar belakangi karena ketertarikan peneliti pada cara guru mapel Khulashoh yang materinya berisi kisah kehidupan Nabi Muhammad SAW, biasanya materi yang berbentuk cerita kebanyakan disampaikan hanya dengan ceramah dan Tanya jawab, tetapi kali ini reward and punishment menjadi salah satu cara memotivasi peserta didik pada mapel Khulashoh. Empat rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a). Langkah-langkah penerapan metode reward and punishment dalam pada mata pelajaran Khulashoh nurul yaqin? b). Bentuk-bentuk reward dan punishment yang digunakan guru mata pelajaran Khulashoh nurul yaqin? c). Gambaran keberhasilan penerapan metode reward and punishment pada mata pelajaran Khulashoh nurul yaqin? d). Factor pendukung dan penghambat metode reward and punishment pada mata pelajaran Khulashoh nurul yaqin? Untuk mencapai tujuan informasi diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbasis fenomenologi yang artinya peneliti hadir langsung untuk melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduks data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sebelum menerapkan metode reward and punishment guru terlebih dahulu merancang sedemikian rupa hal yang akan digunakan pada proses pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Kedua, Hadiah yang diberikan oleh guru lebih sering berupa pujian, memberikan sesuatu, dan penambahan nilai. Hukuman yang sering digunakan adalah berbentuk teguran, sangsi ringan, dan pengurangan nilai. Ketiga, keberhasilan yang Nampak dari diterapkannya metode reward and punishment adalah (1) peserta didik lebih semangat mengikuti pelajaran. (2) Sikap disiplin peserta didik meningkat. Keempat, factor pendukung penerapan metode ini adalah guru mendapat dukungan penuh dari segala pihak, lebih terampil dalam mengajar, peserta didik lebih focus mengikuti pelajaran,aturan kelas lebih mudah diikuti. Sedang penghambatnya adalah kadang menimbulkan rasa kecewa pada peserta didik, dan peserta didik cenderung kurang ikhlas dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 02:27 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:19 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/434 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |