Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Pantai Camplong Kabupaten Sampang

Putri, Lutfiah Malika (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Pantai Camplong Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Cover_KPI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
c. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_KPI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
d. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Lembar Pengesahan_KPI .pdf

Download (357kB)
[img] Text
e. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Abstrak_KPI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
f. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Daftar_Isi_KPI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
g. Lutfiah Malika Putri_19382062047_BAB I_KPI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
h. Lutfiah Malika Putri_19382062047_BAB II_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
i. Lutfiah Malika Putri_19382062047_BAB III_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
j. Lutfiah Malika Putri_19382062047_BAB IV_KPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k. Lutfiah Malika Putri_19382062047_BAB V_KPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
l. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Daftar_Pustaka_KPI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
b. Lutfiah Malika Putri_19382062047_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_KPI.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi komunikasi pemasaran, kunjungan wisatawan Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat dan begitu pula yang terjadi dalam bidang objek wisata. Oleh karena itu, setiap objek wisata salah satunya Pantai Camplong, harus mampu mengantisipasi persaingan pasar dengan cara mengembangkan komunikasi pemasaran yang tepat untuk menarik wisatawan. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Camplong. Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Camplong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan, dimana penelitian tersebut merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan langsung pada instansi yang menjadi objek penelitian untuk mendapatkan data primer dari wawancara, data sekunder dari observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian lapangan ini bersifat deskriptif. Dari pendekatan tersebut akan memberikan fakta dan data. Analisis data dalam oopenelitian kualitatif dilakukan dengan cara interaktif dan terus-menerus, yang meliputi tiga hal yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: pertama Pantai Camplong melakukan strategi komunikasi pemasaran yakni: (a) Iklan (advertising), melalui instagram dan facebook. (b) Penjualan personal (personal selling), pantai Camplong melakukan pertemuan dan penyuluhan atau pertemuan dengan agent travel atau biro perjalanan. (c) Promosi penjualan (sales promotion), dengan memberikan potongan harga atau diskon kepada pengelola agent travel atau biro perjalanan yang membawa rombongan. (d) Hubungan masyarakat (Public Relations), Pantai Camplong melakukan kerjasama dengan Dinas pariwisata Kabupaten Sampang, lalu dengan Universitas Trunojoyo Madura, dan beberapa komunitas. (e) Pemasaran langsung (Direct Marketing), pemasarannya dari mulut ke mulut atau melalui cerita pengalaman dan juga dengan mengirim email dan proposal kepada stakeholder. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam strategi komunikaasi pemasaran yaitu lokasi yang strategis serta sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran Pantai Camplong yaitu kurangnya SDM berkompeten di bidang IT, penguasaan Bahasa yang kurang dan pandemi virus corona.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:24
Last Modified: 04 Jul 2023 03:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4410

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item