Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Ittiad Al-Islami Camplong Sampang

Fitriyah, Nurul (2020) Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Ittiad Al-Islami Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. SAMPUL SKRIPSI- NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSUTUJUAN- NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN- NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. ABSTRAK NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (115kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (77kB)
[img] Text
7. BAB I NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (117kB)
[img] Text
8. BAB II NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
9. BAB III NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
10. BAB IV NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (267kB)
[img] Text
11. BAB V NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (92kB)
[img] Text
13.PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (37kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN LAMPIRAN NURUL FITRIYAH 20160701010197.pdf

Download (795kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP NURUL FITRIYAH 20160701010146.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah adalah bagian integral dari Pendidikan Agama. Walaupun bukan satu-satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik tapi secara subtansi, pembelajaran Akidah Akhlak memberikan konstribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengamalkan nilai-nilai keyakinan (Tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam suatu sistem pendidikan, kurikulum sifatnya dinamis serta harus dilakukan perubahan dan perkembangan, agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Ini yang menjadi salah satu faktor mengapa secara berkala kurikulum pendidikan diperbarui untuk dikembangkan dengan menonjolkan aspek yang pandang lebih baik dan meminimalisasi kekurangan dan kelemahan dari kurikulum sebelumnya. Kajian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan kurikulum 2013 yang tidak diterapkan secara totalitas karena untuk pembelajaran Akidah Akhlak masih ada kombinasi dari kurikulum pesantren. Sementara dalam kegiatan melajar mengajarnya masih menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu; Pertama, Bagaimana pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Kedua, Bagaimana problematika dari implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru Akidah Akhlak, serta siswa MA Al-Ittihad AlIslami Camplong Sampang. Adapun tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, display data (penyajian data), serta verifikasi data (penarikan kesimpulan). Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan datanya menggunakan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Akidah Akhlak adalah adanya kombinasi dari kurikulum pesantren. Adapun persiapannya adalah dengan peningkatan kemampuan guru, ada sosialisasi, dan ada pelatihan, bahkan setiap awal tahun diadakan rapat kerja, untuk menyusun dokumen-dokumen seperti kurikulum 2013 revisi, termasuk juga penyusunan silabus, penyusunan rpp, penyusunan prota, promes. 2) Faktor penghambat dalam penerapan implementasi kurikulum 2013 ini adalah sumber belajar yang masih kurang memadai dan metode pembelajaran Akidah Akhlak yang masih menggunakan metode lama, yaitu metode ceramah. Sehingga dalam prosesnya kurang memberikan variasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m71I ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:57
Last Modified: 26 Jan 2021 06:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/442

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item