Implementasi ‘Role Playing’ dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep

Misnawi, Moh (2020) Implementasi ‘Role Playing’ dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-MOH, MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (60kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-MOH. MISNAWI 10201301010191.pdf

Download (24kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-MOH. MISNAWI 182013 01010191.docx

Download (21kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-MOH. MISNAWI 18201301010181.pdf

Download (63kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (74kB)
[img] Text
7 BAB I-MOH. MISNAWI 10201301010191.pdf

Download (157kB)
[img] Text
8 BAB II-MOH. MISBAWI 18201301010191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
9 BAB III-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
10 BAB VI-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (249kB)
[img] Text
11 BAB 5-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA-MOH. MISNAWI 18201901010191.pdf

Download (85kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (101kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (262kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP-MOH. MISNAWI 18201301010191.pdf

Download (3kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Role Playing, Keaktifan, Sejarah Kebudayaan Islam. Fukus penelitian penelitian ini pertama perencanaan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Kedua penerepan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Ketiga evalusi metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara observasi serta dokumentasi hal itu dilakukau untuk memperkuat data yang telah peneliti temukan dilapangan. Hasil penelitian yang di dapatkan oleh peneliti, yaitu:.perencanaan metode role playing dalam peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) di MTs Bustanul Ulum Sonok Nonggunong Sumenep. Yaitu meyiapka skenario yang sesuai dengan materi yang akan dibahas, ,mengelola kelas dengan baik yang, menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penerapan metode tersebut. Pelaksanaannya yaitu mencaritakan hal yang berkaitan dengan materi, membentuk siswa menjadi kelompok, mengatur tenpat duduk siswa, menyuruh siswa untuk memahami materi yang akan dibahas serta menyuruhnya untuk memerankan materi tersebut kemudian menyuruh siswa untuk membuat catatan berkaitan dengan temanya yang sedang memerankan materi tersebut, guru memberikan penjelasan dan arahan untuk menyemurnakan pelaksaan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing. Adapun evaluasi yang dilakukan yaitu, menyuruh siswa untuk membuat catatan mengenai temannya yang sedang memerankan materi sebagai bahan penilaian, kemudian mengamati perkembangan keaktifan siswa pada saat pembelajaran dan melakukan kedua hal tersebut pada setiap pertemuan dalam pelajaran sejarah kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:47
Last Modified: 26 Jan 2021 06:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/451

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item