Wahyudi, Indra (2022) Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Program Pramuka di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Cover-MPI.pdf Download (63kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Halaman Persetujuan_MPI.pdf Download (266kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Halaman Pengesahan_MPI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Abstrak_MPI.pdf Download (33kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Daftar Isi_MPI.pdf Download (157kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_BAB I_MPI.pdf Download (293kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_BAB IV_MPI.pdf Download (453kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (274kB) |
|
Text
Indra Wahyudi_19381041058_Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf Download (73kB) |
Abstract
Kata kunci: Strategi, Karakter Disiplin, Pramuka. Pramuka merupakan kegiatan yang sangat mendukung terhadap pembentukan karakter disiplin siswa, dimana pramuka dapat memberikan pelatihan mengenai pembentukan karakter disiplin siswa melalui seluruh kegiatan yang ada didalamnya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam membentuk dan menumbuhkan kesadaran diri untuk tetap berperilaku disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi pembentukan karakter disiplin siswa melalui program pramuka di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan mereduksi data kemudian mendisplaykan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program pramuka di SMP Negeri 1 Larangan mempunyai strategi dalam membentuk karakter disiplin siswa yaitu: 1) Memberikan contoh teladan kepada siswa, 2) Pembiasaan berperilaku disiplin dalam segala hal, 3) Menegakkan peraturan dan memberikan hukuman bagi yang melanggar, dan 4) Memperbanyak kegiatan pramuka. Selain itu, juga terdapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMP Negeri 1 Larangan yaitu: 1) Adanya dukungan dari kepala sekolah, 2) Dukungan dari guru SMP Negeri 1 Larangan, 3) Sarana dan prasarana yang lengkap, dan 4) adanya pelatih yang berkompeten di pramuka. Faktor penghambatnya yaitu: 1) Faktor lingkungan yang kurang baik, 2) Kurangnya pemahaman tentang manfaat pramuka, 3) Kurangnya rasa semangat siswa. berdasarkan faktor perhambat tersebut juga memiliki solusi dalam mengatasinya, diantaranya yaitu: Melakukan koordinasi dengan orang tua siswa yang bermasalah, Memberikan motivasi kepada siswa, Mengkemas program pramuka dengan semenarik mungkin, dan Melakukan pengontrolan disetiap kegiatan berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:17 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:17 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4542 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |