Rofiki, Imam (2022) Peran Kepala Madrasah Dalam Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Untuk Mewujudkan Madrasah Unggul di MAN Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (66kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_BAB IV.pdf Download (683kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (184kB) |
|
Text
IMAM ROFIKI_19381041118_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Madrasah Unggul Dalam lembaga pendidikan, kepala madrasah sebagai pemimpin di madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan madrasah. Kepala madrasah dituntut untuk memiliki kompetensi dalam mengelola lembaga pendidikan salah satunya yaitu mengelola sarana dan prasarana. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana gambaran pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MAN Pamekasan; kedua, Bagaimana peran kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di MAN 2 Pamekasan. ketiga, Bagaimana standardisasi sarana dan prasarana untuk mewujudkan madrasah unggul di MAN 2 Pamekasan. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan yaitu dengan mereduksi data kemudian mendisplaykan data dalam bentuk uraian singkat dan penarikan kesimpulan secara fleksibel untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengelolaan sarana dan prasarana di MAN 2 Pamekasan dilakukan ketika mendekati rencana anggaran baru akan melibatkan para waka khususnya waka sarana dan prsarana, kepala TU dan bendahara serta mendengarkan aspirasi dari bawah. Kemudian melaksanakan manajemen sarana dan prasarana dengan 5 siklus pengelolaan sarana dan prasarana yaitu : Perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan dan penghapusan. Kedua, Peran kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana yaitu seorang kepala madrasah menjalankan peran, tugas dan fungsinya berupa kepala madrasah sebagai administrator dan kepala madrasah sebagai supervisor. Kepala madrasah sebagai administrator harus mampu melakukan proses administrasi di lembaga pendidikan yang salah satunya amdinistrasi sarana dan prsarana. Kepala madrasah sebagai supervisor harus mempu melaksanakan pengawasan di lembaga pendidikan khususnya dalam pengelolaan sarana dan prasarana Ketiga, Standardisasi sarana dan prasarana di MAN 2 Pamekasan yaitu, Kepala madrasah mengusahakan semua sarana dan prasarana sesuai dengan standardisasi sarana dan prasarana untuk mewujudkan madrasah unggul. Di MAN 2 Pamekasan menerapkan madrasah unggul yaitu, Madrasah unggul berbasis isi, Madrasah unggul berbasis fasilitas dan Madrasah unggul berbasis prestasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:22 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |