Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Anak Sekolah Dasar Di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Musafa, Darur Rohman (2022) Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Anak Sekolah Dasar Di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_COVER_PAI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_BAB I_PAI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_BAB IV_PAI.pdf

Download (478kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DARUR ROHMAN MUSAFA_18381011042_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (66kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Talaqqi, Anak Sekolah Dasar Salah satu metode yang diterapkan pada sekolah dasar dalam menghafal alQur’an adalah metode talaqqi, yang mana penerapan metode talaqqi ini membuat daya tarik seorang peneliti dalam melakukan penilitiannya pada sebuah sekolah yang baru pertama kali menerapkan metode talaqqi di desa Sumedangan Kecapatan Pademawu, sekolah tersebut adalah SDN Sumedangan III. Sasaran dari penerapan metode talaqqi ini adalah semua siswa di SDN Sumedangan III, yang mana siswa tersebut masih memiliki rentan usia yang masih muda dan masih memiliki daya ingat yang tinggi serta penerapan metode talaqqi ini dapat menjadikan siswa siswi SDN Sumedangan III seorang penghafal Qur’an yang berkualitas dan dapat lulus dengan baik dari SDN Sumedangan III. Dua hal yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah a) Bagaimana pelaksanaan model penerapan metode talaqqi terhadap anak sekolah dasar di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?. b) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode talaqqi terhadap anak sekolah dasar di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?. Untuk mencapai tujuan informasi diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbasis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang diperoleh dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Selanjutnya analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Serta validasi data menggunakan berbagai teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan dan tringulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan yang pertama pelaksanaan penerapan metode talaqqi di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, yaitu: 1) Siswa memulai pembelajaran diawali dengan berdoa. 2) Siswa melakukan muroja’ah bersama surah yang akan dihafal. 3) Guru menjelaskan materi yang berkaitan dengan tajwid dan makhorijul huruf yang ada pada surah yang akan disetor kepada guru. 4) Guru membaca surah tersebut yang diikuti oleh siswa. 5) Siswa dipanggil oleh guru satu persatu maju kedepan untuk menghafal surah tersebut. 6) Guru mendengarkan surah yang dibaca oleh siswa. 7) Guru memperbaiki bacaan siswa yang kurang benar melalui materi yang sudah dijelaskan sebelumnya. 8) Siswa dinyatakan naik atau tidak ke surah berikutnya. Kedua faktor penghambat dan faktor pendukung dari penerapan metode talaqqi di SDN Sumedangan III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, yaitu untuk faktor penghambatnya adalah rasa malas dan rasa bosan yang muncul pada setiap siswa saat menghafal al-Qur’an, sarana dan prasarana yang kurang memadai serta terbatasnya waktu dalam proses penyetoran hafalan dan penerapan metode talaqqi. Sedangkan faktor pendukungnya adalah motivasi dan perhatian dari kedua orang tua serta motivasi dari guru untuk menghafal al-Qur’an, selanjutnya bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa serta adanya potensi yang dimiliki oleh siswa dalam menghafal al-Qur’an, dan terakhir adalah lingkungan kelas yang rapi dan bersih karena jika lingkungan bersih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:09
Last Modified: 12 Dec 2023 08:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4605

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item