Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Konsep) dalam meningkatkan Minat Belajar Fikih Di MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan

Hotimah, Hosnol (2023) Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Konsep) dalam meningkatkan Minat Belajar Fikih Di MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Cover_PAI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Abstrak_PAI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_BAB I_PAI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_BAB IV_PAI.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Daftar_Rujukan_PAI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Hosnol Hotimah_19381012036_Lembar_Keaslian_Tulisan_PAI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode, Mind mapping (Peta Konsep), Minat Belajar, pembelajaran Fikih dan MTs Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan pamekasan Masih banyak peramasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah pemilihan metode. Beberapa guru masih banyak yang menggunakan metode yang tidak sesuai dengan isi tujuan pembelajaran. maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang penerapan metode mind mapping (peta konsep) dalam meningkatkan minat belajar fikih. Penerapan metode mind mapping (peta konsep) ini di lakukan oleh guru fikih di Mts Mambaul Ulum Bandaran Tlanakan Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitiannya adalah 1) bagaimana penerapan metode mind mapping (peta konsep) dalam meningkatkan minat belajar fikih. dan 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode mind mapping (peta konsep) dalam meningkatkan minat belajar fikih. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode mind mapping (peta konsep) dalam meningkatkan minat belajar fikih dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode mind mapping (peta konsep) dalam meningkatkan minat belajar fikih di MTs Mambaul Ulum. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptis dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru fikih dan siswa MTs Mambaul Ulum Bandaran. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik tringgulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penerapan metode mind mapping (peta konsep) dialakukan dengan mempersiapkan materi pembelajaran, dan terdapat langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkannya metode mind mapping (peta konsep) di antaranya, guru menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran, menentukan kelompok, mengintruksikan siswa untuk berdiskusi dengan kelompok, guru membimbing siswa dalam membuat mind mapping (peta konsep), perwakilan setiap kelompokmempresentasikan dari hasil kelompoknya dan terakhir guru memberi perbandingan atau nilai dari hasil tugas yang diberikan kepada siswanya. Mengenai faktor pendukung dan penghambat, ada beberapa faktor pendukung dalam penerapan mind mapping (peta konsep) yaitu, adanya kemampuan guru dalam menerapkan metode mind mapping (peta konsep), adanya peningkatan minat belajar siswa, dan adanya sarana prasarana yang memadai. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu minimnya waktu atau terbatasnya waktu ketika melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping (peta konsep). Untuk hasil dari minat belajar siswa, semenjak guru fikih menerapkan metode mind mapping (peta konsep) siswa lebih semangat untuk belajar dan senang ketika mengikuri proses pembelajaran, dengan hal itu bisa di katakana penerapan metode mind mapping (peta konsep) yang di terapkan oleh guru fikih di MTs Mambaul Ulum ini, membuat minat belajar siswa lebih meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:06
Last Modified: 12 Dec 2023 08:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4614

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item