Analisis Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan

Hidayat, Fathor Rohman (2022) Analisis Implementasi Metode Bil Qolam Dalam Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_SAMPUL.pdf

Download (352kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_PERSETUJUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_PENGESAHAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_DAFTAR_ISI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_BAB I.pdf

Download (704kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_BAB IV.pdf

Download (845kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
PAI_18381011055_FATHOR ROHMAN HIDAYAT_PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)

Abstract

Kata Kunci: Bil Qolam, Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Tajwid Dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid diperlukan berbagai macam metode pembelajaran. Metode Bil qolam memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan metode lainnya karena metode ini membimbing siswa untuk pembelajaran Al-Qur’an mulai dari huruf per huruf. Tujuan penelitian adalah pertama, untuk menganalisis implementasi metode Bil qolam dalam pembelajaran ilmu tajwid di PP. Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan. Kedua, untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Bil qolam dalam pembelajaran ilmu tajwid di PP. Nurul Hidayah Sumbermanis Kowel Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Perencanaan dilakukan secara tidak tertulis dan menggunakan informasi pengumuman yang disampaikan ke santri. Pelaksanaan bil qolam dilakukan pada hari Senin sampai Kamis setelah sholat Maghrib dan sholat Subuh. Jika ustadz berhalangan, maka akan digantikan pada hari lain biasanya pada hari Ahad. Lama pelaksanaan sekitar 1 jam. Tenaga pengajar membaca terlebih dahulu dan memberikan beberapa penjelasan dan penekanan pada bacaan yang sulit kemudian diikuti oleh santri secara bersama�sama. Kemudian santri mengucapkannya secara bergantian dengan diawasi oleh pengajar. Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di pesantren dilakukan dengan menggunakan buku catatan yang mencatat hasil pembelajaran santri. Kedua, Faktor pendukung pelaksanaan metode bil qolam adalah Pertama, semangat santri yang tinggi. Kedua, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Ketiga, ketekunan santri yang tinggi. Keempat, motivasi dari teman sekolah umumnya serta motivasi dari masyarakat lingkungan pondok. Kelima, ustadznya penuh semangat dan kesabaran. Sedangkan faktor .penghambat penerapan metode bil qolam adalah pertama, banyak yang baru tahu tentang metode bil qolam. Kedua, karena di metode bil qolam ada lagu tersendiri 4 instrumen khas PIQ Singosari Malang, jadi terkendala dilagu. Ketiga, sebagian santri ketika sedang belajar metode ini, terkadang ada yang males belajar, ada yang terganggu sesama santrinya, ada yang tidak fokus dalam pembelajaran berlangsung, baik sedang memikirkan permasalahan yang diluar atau sedang memikirkan tugas sekolahnya, sehingga materi dalam pembelajaran tersebut tidak diterima dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:56
Last Modified: 12 Dec 2023 07:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4640

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item