Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counter Point (PCP) Dalam Mata Pelajaran Fiqh di Kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan

Rohmah, Nurul Hidayatur (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counter Point (PCP) Dalam Mata Pelajaran Fiqh di Kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_Cover_PAI.pdf.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_lembar_persetujuan_pembimbing_PAI.pdf.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_lembar_pengesahan_PAI.pdf.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_Abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_Daftar_Isi_PAI.pdf.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_BAB I_PAI.pdf.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_BAB II_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_BAB III_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_BAB IV_PAI.pdf.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_BAB V_PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_Daftar_Pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Nurul Hidayatur Rohmah_19381012020_surat_pernyataan_keaslian_PAI.pdf.pdf

Download (596kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi pembelajaran, Point Counter Point, Mata Pelajaran Fiqh Strategi pembelajaran merupakan upaya terencana dan tersusun termasuk juga dalam penggunaan metode dan pemanfaatan dari berbagai sumber daya yang ada dalam proses pembelajaran. Point Counter Point (PCP) merupakan suatu cara dalam proses pembelajaran yang memberikan kesempatan pada peserta didik untuk aktif dalam berargumen dari problem yang ada dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua rumusan masalah yang menjadi pokok kajian penelitian ini. Pertama, Bagaimana penerapan strategi pembelajaran point counter point pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan. Kedua, Bagaimana hasil dari penerapan strategi pembelajaran point counter point pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mana jenis PTK ini dilaksanakan dalam 1 siklus saja. Dengan subjek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas VIII-A sebanyak 30 orang di MTsN 1 Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi/pengamatan, kuesioner terbuka, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan hasil data diperoleh dari hasil kuesioner terbuka/tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan strategi pembelajaran Point Counter Point (PCP) pada mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTs Negeri 1 Pamekasan, yaitu 1) Membentuk kelompok kecil sebanyak 6 kelompok. 2) Memberikan arahan mengenai pembelajaran yang berlangsung. 3) Membimbing siswa belajar supaya cepat memahami materi yang disampaikan. 4) Memberi peluang kepada siswa bertanya mengenai materi yang belum dimengerti. 5) Memberikan pujian sehingga membuat semangat siswa semakin bertambah. Kedua, penerapan strategi pembelajaran point counter point dalam mata pelajaran fiqh di kelas VIII-A MTsN 1 Pamekasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari pra siklus yakni mendapat 36,66% (rendah) pada siklus 1 pertemuan pertama meningkat menjadi 56,66% (sedang) dan pada siklus 2 pertemuan kedua juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 86,66% (sangat tinggi). Sedangkan untuk rata-rata nilai juga mengalami peningkatan yaitu pada saat pra-siklus mendapat 69,06 (tinggi). Pada siklus 1 pertemuan pertama meningkat menjadi 76,4 (tinggi) serta pada siklus 1 pertemuan dua juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 86,66 (sangat tinggi)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:00
Last Modified: 11 Dec 2023 05:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4643

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item