Utami, Tika Hestiarini (2022) Implementasi Sistem Kredit Semester dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381012060_SAMPUL.pdf Download (320kB) |
|
Text
19381012060_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text
19381012060_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (422kB) |
|
Text
19381012060_ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
19381012060_DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
19381012060_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text
19381012060_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
Text
19381012060_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
19381012060_BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (580kB) |
|
Text
19381012060_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
19381012060_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (412kB) |
|
Text
19381012060_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (198kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi, Sistem Kredit Semester, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam kegiatan pendidikan, pasti ada program yang menjalankannya. Seiring perkembangan zaman, segala aspek seperti bidang politik, ekonomi, sosial budaya mengalami perkembangan termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah pengimplementasian Sistem Kredit Semester dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi sistem kredit semester dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pamekasan, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan sistem kredit semester dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pamekasan, dan ketiga bagaimana implikasi sistem kredit semester terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah SMA Negeri 1 Pamekasan, waka kurikulum SMA Negeri 1 Pamekasan, guru PAI kelas X, XI, dan kelas XII SMA Negeri 1 Pamekasan, serta siswa-siswi kelas X, XI, dan kelas XII SMA Negeri 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, SMA Negeri 1 Pamekasan sudah mengimplementasikan Sistem Kredit Semester sejak tahun 2020 dalam seluruh pembelajaran termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kedua, adapun faktor pendukung pengimplementasian Sistem Kredit Semester meliputi, akreditasi dan kesiapan sekolah, sarana prasarana yang memadai, dan motivasi belajar yang tinggi, sedangkan faktor penghambatnya mindset guru tentang SKS masih rendah, beberapa LCD rusak, motivasi belajar rendah, dan padatnya kegiatan. Ketiga, adapun implikasi dari diselenggarakannya SKS di SMA Negeri 1 Pamekasan adalah ingin terus melakukan inovasi, membentuk pribadi siap menerima tantangan dan tidak mudah menyerah, mengakomodir kemampuan siswa, guru memberikan pelayanan ekstra, menyita waktu, memberikan motivasi belajar, serta beberapa siswa PDPL2T rawan sakit
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:58 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |