Afiyah, Pipin (2022) implentasi pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_SAMPUL.pdf Download (260kB) |
|
Text
1838012146_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
18381012146_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_BAB IV.pdf Download (386kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
PIPIN AFIYAH_18381012146_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (300kB) |
|
Text
18381012146_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (67kB) |
Abstract
Kata kunci: Kepramukaan, Karakter, Religius Sedikitnya karakter religius yang dimiliki oleh peserta didik menyebabkan minimnya akhlakul karimah, sehingga dengan adanya ektrakurikuler pramuka sedikitnya dapat membenahi kurangnya kesadaran dalam berakhlak. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian: Pertama, peran dan bentuk pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siwa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan. Kedua, implementasi pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siswaa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan. Ketiga, adanya faktor pendukung dan penghambat karakter religius melalui pendidikan kepramukaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan perkataan lain, penelitian deskriptif ini mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah aktual sebagaimana adanya pada saat penelitian dilaksanakansedangkan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keabsahan data dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama peran pendidikan kepramuka dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan ini sangat penting bagi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya serta menjadi wadah dalam menumbuhkan karkter yang terpendam dalam diri peserta didik dan mempermudah peserta didik dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. kedua dalam penerapan pendidikan pramuka dalam menumbuhkan karakter religius siswa dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MTs Miftahul Qulub Banyupelle Palengaan Pamekasan adanya penerapan 10 poin Dasa Dharma yang didalamnya terdapat nilai-nilai karakter religus melalui kegiatan-kegiatan yang telah di rencanakan seperti kegiatan mingguan ,bulanan. ketiga adapun faktor pendorong dan penghambat dalam menumbuhkan karakter religius melalui pendidikan kepramuukaan yaitu, dukungan dari orang tua, antusia dari masyarakat sekitar kesadaran diri dari peserta didik, dan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya dukungan dari orang tua, fasilitas yang tidak lengkap, kurangnya pendanaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:58 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4654 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |