Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Pada Siswa Kelas IV Di SDN Banjar 1 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang

Bitono, Endah Setyo (2022) Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Pada Siswa Kelas IV Di SDN Banjar 1 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_SAMPUL_PGMI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (783kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Endah Setyo BItono_20170701052017_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_BAB I_PGMI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_BAB IV_PGMI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Endah Setyo Bitono_20170701052017_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Buku Cerita, Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mampu dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas IV rendah. Dimana media pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa agar lebih mudah untuk berpikir, mengarang, dan berimajinasi, serta mengoptimalkan kemampuan siswa. Media yang diharapkan menarik yaitu buku cerita . berkaitan dengan kegiatan menulis cerpen, media ini sangat diperlukan untuk membantu siswa mempermudah menulis cerpen. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media buku cerita pada siswa kelas IV SDN Banjar 1 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang? kedua Apa saja kendala dan solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media buku cerita pada siswa kelas IV SDN Banjar 1 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis data melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) display data, 4) penarikan kesimpulan. Kemudian seluruh data di cek keabsahannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, cara meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media buku cerita pada siswa kelas IV SDN Banjar 1 Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang, siswa cenderung tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen, kurangnya penggunaan media pembelajaran, siswa cenderung tidak mampu berpikir dan mengarang dalam menulis cerpen, siswa merasa malu apabila disuruh mencoba menulis cerpen dan malu apabila disuruh maju untuk membaca hasilnya. Kedua, implementasi penggunaan media buku cerita dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen, awalnya peneliti melakukan pendekatan kepada siswa. Kemudian peneliti memberikan materi yaitu, menulis cerpen. Setelah itu peneliti mulai memberikan arahan untuk menulis cerpen dengan media buku cerita yang sudah disiapkan. Selanjutnya siswa diberi kesempatan untuk mencoba menulis cerpen dengan duku cerita, kemudian tampil untuk membacakan hasilnya. Disini terlihat siswa merasa senang bisa belajar sambil berimajinasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:54
Last Modified: 11 Dec 2023 04:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4674

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item