Tijaniyah, Febrizatut (2022) Penerapan Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Pembentuk Pengembangan Karakter Anak Kelas 1 MI Nurul Ulum I Desa Banmaleng Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Cover_PGMI. Pdf.pdf Download (36kB) |
|
Text
3. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Halaman Persetujuan. Pdf.pdf Download (92kB) |
|
Text
4. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Halaman Pengesahan. Pdf.pdf Download (230kB) |
|
Text
5. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Abstrak. Word.docx Download (41kB) |
|
Text
7. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Daftar Isi. Pdf.pdf Download (24kB) |
|
Text
8. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_BAB I. Pdf.pdf Download (385kB) |
|
Text
9. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_BAB II. Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
10. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_BAB III. Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
11. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_BAB IV. Pdf.pdf Download (352kB) |
|
Text
12. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_BAB V. Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Daftar Pustaka. Pdf.pdf Download (75kB) |
|
Text
2. Febrizatut Tijaniyah_20170701052021_Pernyataan Keaslian. Pdf.pdf Download (300kB) |
Abstract
Kata Kunci: Living Values Education Program (LVEP), Pengembangan Karakter Penelitian ini membahas tentang Penerapan Living Values Education Program (LVEP) Sebagai Pembentuk Pengembangan Karakter Anak Kelas 1 MI Nurul Ulum I Desa Banmaleng Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep yang masih kurang dalam mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa kelas I di MI Nurul Ulum I Sumenep. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana penerapan Living Values Education Program (LVEP) sebagai pembentuk pengembangan karakter anak kelas 1 MI Nurul Ulum I Sumenep. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan Living Values Education Program (LVEP) sebagai pembentuk pengembangan karakter anak kelas 1 MI Nurul Ulum I Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru kelas 1, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pada tahap penerapan Living Values Education Program (LVEP) sebagai bentuk pengembangan karakter anak kelas 1 di MI Nurul Ulum I Sumenep dapat disimpulkan bahwa dalam hal ini guru menyiapkan RPP yang sesuai dengan mata pelajaran yang didalamnya juga terdapat nilai-nilai kehidupan (LVEP) dan pembiasaan peserta didik sehari-hari seperti berprilaku jujur, bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok, bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya masing-masing. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan belajar mengajar sekaligus penerapan Living Values Education Program (LVEP), guru memberikan pujian/penghargaan kepada anak yang sudah bisa dan memberikan motivasi kepada anak yang belum bisa. Kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat pada penerapan Living Values Education Program (LVEP) sebagai bentuk pengembangan karakter anak kelas 1 di MI Nurul Ulum I Sumenep.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:48 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4679 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |