Pendekatan Guru Dalam Menciptakan Belajar Yang Efektif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan

Kholizah, Siti Noer (2022) Pendekatan Guru Dalam Menciptakan Belajar Yang Efektif Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_COVER_PGMI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_BAB I_PGMI.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_BAB IV_PGMI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
Siti Noer Kholizah_18381052087_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
18381052087_KEASLIAN TULISAN (PDF).pdf

Download (160kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Guru, Menciptkan Belajar yang Efektif, Mata Pelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terkait pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif terutama pada mata pelajaran IPA. Guru memiliki inovasi baru dalam kegiatan belajar mengajar agar anak mampu berkembang dengan optimal serta pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan efektif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan hal tersebut, ada dua fokus dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan?. Kedua apa saja faktor yang mempengaruhi pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif pada mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Pakong 1 Pamekasan?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari Guru kelas Va dan Beberapa Siswa di kelas Va SDN Pakong 1 Pamekasan. Untuk mengecek keabsaahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa pendekatan yang guru gunakan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan bervariasi, pendekatan edukatif, pendekatan keagamaan, dan pendekatan kebermaknaan. Pada pendekatan individual guru gunakan pada saat mata pelajaran IPA misalnya pada materi Ayo Mengamati. Pendekatan kelompokk guru gunakan pada saat mata pelajaran IPA misalnya percobaan pada materi daur air. Untuk pendekatan bervariasi biasanya guru gunakan kepada siswa yang memiliki permasalahan, karena setiap masalah yang ada tidak bisa diselesaikan dengan tekhnik pemecahan masalah yang sama. Jadi, jika permasalahannya bervariasi maka pendekatan yang digunakaan bervariasi pula. Pada pendekatan edukatif guru gunakan paada saat bel masuk kelas, siswa tidak boleh langsung masuk melainkan disuruh untuk berbaris terlebih dahulu yang dipimpin oleh ketua kelas, guru menunggu disisi pintu, setelah semuanya siap maka dipersilahkan masuk satu persatu dengan menyalami dan mencium punggung tangan guru, barulah pembelajaran siap dimulai. Kedua, faktor yang memepengaruhi pendekatan guru dalam menciptakan belajar yang efektif terutama pada mata pelajaran IPA ada dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. faktor pendukungnya ialah adanya kemauan ddari siswa dalam mengikuti pembelajaran, sikap guru yang menyenangkan dan ramh tamah, adanya fasilitas yang memadai seperti alat dan sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam kegiatan belajar mengajar dan suasana kelas serta perencanaan guru yang kurang maksimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:21
Last Modified: 11 Dec 2023 04:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4710

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item