Ainiyah, Qurrotul (2022) Pembinaan Karakter Sosial Siswa Melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SDN Cenlecen 1 Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Cover_PGMI.pdf Download (232kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (312kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (267kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Abstrak_PGMI.pdf Download (184kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (190kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_BAB I_PGMI.pdf Download (326kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_BAB IV_PGMI.pdf Download (374kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
Qurrotul Ainiyah_18381052075_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (398kB) |
|
Text
Qurrrotul Ainiyah_18381052075_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_PGMI.pdf Download (145kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pembinaan, Karakter Sosial, Pramuka Pembinaan karakter sangat penting ditanamkan pada anak sejak usia dini mungkin untuk mencegah terhadap pelanggaran norma sosial dan norma lainnya. Pembinaan karakter merupakan usaha untuk menjadikan seseorang yang dibina lebih baik karakternya dari sebelumnya. Upaya pembinaan karakter bisa dilakukan pada kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah, seperti halnya pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Tujuan penelitian yaitu: Pertama, untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter sosial siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di SDN Cenlecen 1 Pakong pamekasan. Kedua untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter sosial siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di SDN Cenlecen 1 Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, pembina pramuka dan anggota pramuka. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan karakter sosial siswa melalui ekstrakurikuler pramuka di SDN Cenlecen 1 Pakong Pamekasan berpedoman pada kode kehormatan pramuka penggalang yaitu Tri Satya dan Dasadarma. Selain itu, pembina juga melakukan pembinaan karakter melalui metode keteladanan, metode pengajaran, metode pembiasaan, serta metode ganjaran dan hukuman. Kemudian dalam penerapan karakter sosial pembina pramuka menggunakan metode pembiasaan. Faktor pendukung pembinaan karakter sosial siswa melalui ekstrakurikuler pramuka meliputi sarana dan prasarana yang memadai, semangat dari diri anggota pramuka, antusiasme Pembina dalam membina karakter siswa, adanya perhatian orang tua, dan lingkungan masyarakat. Faktor penghambat karakter sosial siswa melalui ekstrakurikuler pramuka meliputi keterbatasan dalam memantau perilaku siswa, keterbatasan waktu, masih ada siswa yang sulit diatur, berkata kotor, berperilaku keras, masih ada siswa yang tidak memperhatikan saat pembelajaran berlangsung, kurangnya Pembina pramuka, kurangnya perhatian orang tua, dan lingkungan masyarakat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:28 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4717 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |