Peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadis melalui strategi pembelajaran index card match siswa kelas IV di MI Hidayatun najah samiran proppo pamekasan

Maufiroh, Nuzul (2022) Peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadis melalui strategi pembelajaran index card match siswa kelas IV di MI Hidayatun najah samiran proppo pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1.SAMPUL.pdf

Download (147kB)
[img] Text
2.PERSETUJUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
3.PENGESAHAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6.DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
KEASLIAN TULIASAN.pdf

Download (483kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran index card match Index card match merupakan, karena dengan adanya media pembelajaran ini akan lebih mudah bagi seorang guru dalam memberikan motivasi terhadap peserta didiknya agar menyukai materi pembelajaran khsusnya pada materi Al-Qur’an Hadis kelas IV di MI Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Kemudian dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, yaitu: Pertama, Apakah penggunaan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan dalam mengikuti kegiatan mata pelajaran Al�Qur’an Hadis?. Kedua, Bagaimana prosedur metode index card matchdalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan? Penelitian ini menggunakan Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan classrom Action Researh. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: penerapan metode index card macth pada saat pembelajaran mengenal hukum bacaan Idzhar dan Ikhfa’ pada mata pelajaran Al-qur`an Hadis dapat di lihat di tahap pra siklus dan tahap siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, peneliti menerapkan metode index card macth pada saat pembelajaran membaca dan menulis Al-qur`an, dan perubahan murid setelah penerapan metode index card macth bisa dikatakan sukses, karena semula murid malas untuk belajar, murid hanya berbicara sendiri dan ada yang bermain sendiri. Namun setalah penerapan metode index card macth murid lebih serius dan aktif saat pembelajaran, hal ini bisa di lihat di data data siklus I dan siklus II, jadi penerapan metode index card macth sangat efektif di gunakan saat pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:27
Last Modified: 11 Dec 2023 04:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4722

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item