Afandi, Moh Anang (2022) Metode Blended Learning Pada Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 7 MTs Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_cover_TBIN.pdf Download (239kB) |
|
Text
18381071095_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf Download (228kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_Abstrak_TBIN.pdf Download (185kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_Daftar_isi_TBIN.pdf Download (186kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_BAB I_TBIN.pdf Download (412kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_BAB IV_TBIN.pdf Download (420kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_Daftar_Rujukan_TBIN.pdf Download (294kB) |
|
Text
Moh Anang Afandi_18381071095_Keaslian_Tulisan_TBIN.pdf Download (228kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode Blended Learning, Keterampilan Berbicara. Metode blended learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video converence. Blended learning menjadi salah satu strategi pembelajaran baru yang banyak memberikan keuntungan, sekaligus sebagai bentuk dukungan teknologi informasi dan komunikasi kearah modus pembelajaran baru. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan; Kedua, Bagaimana kelebihan dan hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan; Ketiga, Bagaimana solusi dari hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 7 di MTS Sabilul Muttaqien, Buddagan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu; mengamati penerapan Metode Blended Learning dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa, wawancara pada guru tentang penerapan Metode Blended Learning, menyimpulkan. Informannya adalah guru dan siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Penerapan metode blended learning di MTs Sabilul Muttaqien pada siswa kelas 7 dilakukan secara kombinasi atau campuran antara pembelajaran daring (online) dan pembelajaran tatap muka (luring) yang dilakukan pada mingggu pertama dan ketiga. Kedua, kelebihan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas yaitu menantang kompetensi guru dalam persiapan penyajian materi ajar kepada siswa dan materi belajar yang dapat diakses kapanpun. Ketiga, hambatan dalam penerapan metode blended learning pada pembelajaran keterampilan berbicara yaitu kuota internet, jaringan sinyal yang kurang stabil dan motivasi belajar mandiri siswa yang rendah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:32 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4732 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |