Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Keterampilan Menyimak Teks Cerita Hikayat Kelas X di SMAN 5 Pamekasan

Alfani, Muhammad Yufi (2022) Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Keterampilan Menyimak Teks Cerita Hikayat Kelas X di SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Cover_TBIN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani-18381071102_Abstrak_TBIN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_BAB I_TBIN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_BAB IV_TBIN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Muhammad Yufi Alfani_18381071102_Surat_Pernyataan_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_TBIN.pdf

Download (87kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Problem Based Learning, Menyimak, Cerita Hikayat Problem Based Learning (PBL) adalah suatu model pembelajaran, yang mana siswa sejak awal dihadapkan pada suatu masalah kemudian diikuti oleh proses pencarian informasi yang bersifat student centered. Keterampilan menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, serta memahami makna komu nikasi yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan. Cerita hikayat adalah karya sastra Melayu lama berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, agama, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang atau sekedar untuk meramaikan pesta, Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPA di SMAN 5 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, a). peserta didik dan berdoa sebelum pembelajaran di mulai dan peserta didik menerima informasi mengenai materi, tujuan, dan kegiatan yang akan di pelajari dalam dalam teks hikayat, b). Pendidik menjelaskan tentang hikayat dan memberikan contoh teks cerita hikayat, kemudian siswa di minta untuk mengidentifikasi teks hikayat, c) Pendidik dan peserta didik memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran yang disampaikan.. kedua, siswa bisa memahami proses pembelajaran yang disampaikan untuk bisa menemukan masalah dan diharapkan peserta didik berperan aktif untuk mengembangkan pengetahuan secara berfikir kritis, peningkatan karakter dalam kehidupan nyata. Ketiga, Faktor pendukung dalam proses penerapan metode PBL diantaranya: siswa memiliki kemampuan pengetahuan dalam belajar, siswa memiliki kemampuan berkomunikasi, sedangkan faktor penghambat nya media pembelajaran, kurangnya waktu dalam penyajian karya, belum melibatkan siswa dalam menyimpulkan hasil belajar, keaktifan siswa dalam kegiatan kelompok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:39
Last Modified: 11 Dec 2023 04:39
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4756

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item