Matnawi, Matnawi (2020) Implementasi Metode Sorogan dalam peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (90kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (130kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-MATNAWI 20160701010104.pdf Download (247kB) |
|
Text
4 ABSTRAK-MATNAWI 20160701010104.pdf Download (331kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTARA- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (138kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (156kB) |
|
Text
7 BAB I- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (255kB) |
|
Text
8 BAB II- MATNAWI 20160701010104.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
Text
9 BAB III- MATNAWI 20160701010104.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
10 BAB IV- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (426kB) |
|
Text
11 BAB V- MATNAWI 20160701010104.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (219kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (116kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (550kB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP- MATNAWI 20160701010104.pdf Download (170kB) |
Abstract
Kata Kunci : Implementasi Metode Sorogan, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui: (1) Bagaimana Implementasi metode sorogan dalam pembalajaran membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode sorogan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas Camplong Sampang. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan data yang ada dan menghasilkan hasil deskriktif berupa kata/tulisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah pengasuh, dewan pengurus, guru ngaji dan santri. Temuan penelitian adalah (1) Implementasi metode sorogan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an santri di pondok pesantren Kholafiyatul Mustarsyidin berjalan dengan baik dan lancar sesuai teknis pembelajaran yang diharapkan. Pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dilaksanakan dengan santri satu persatu maju menghadap ke kyai/ustadz atau guru ngaji lalu santri membaca ayat yang telah santri persiapkan sebelumnya, dibawah tuntunan guru ngaji sampai santri benar-benar lancar membaca. Bagi santri yang sudah lancar maka guru ngaji menaikkan pada bacaan ayat Al-Qur’an selanjutnya. Proses evaluasi dalam metode sorogan dilaksanakan secara langsung oleh guru ngaji, apabila ada santri yang salah, maka guru ngaji langsung membenarkannya dengan memberikan contoh bacaan 3 kali kemudian diulangi oleh santri sampai santri bisa dan lancar. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode sorogan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an santri di pondok pesantren Kholafiyatul Mustarsyidin Tambas. Faktor pendukungnya yaitu a) adanya sikap peduli dan perhatian guru, b) kualitas kemampuan dan kemahiran guru, c) mempunyai sikap tekun dan istiqomah bagi santri, d) keaktifan santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu a) keterbatasan waktu, b) kurangnya keaktifan guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 05:04 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 05:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/476 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |