Sholehah, Syafiratus (2022) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Cover_TBIN..pdf Download (187kB) |
|
Text
b.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Halaman Persetujuan_TBIN..pdf Download (135kB) |
|
Text
c.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Halaman Pengesahan_TBIN.pdf Download (411kB) |
|
Text
d.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Abstrak_TBIN..pdf Download (16kB) |
|
Text
f.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Daftar Isi_TBIN..pdf Download (11kB) |
|
Text
g.Syafiratus Sholehah_20170701072107_BAB I_TBIN..pdf Download (305kB) |
|
Text
h.Syafiratus Sholehah_20170701072107_BAB II_TBIN..pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
Text
i.Syafiratus Sholehah_20170701072107_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
j.Syafiratus Sholehah_20170701072107_BAB IV_TBIN.pdf Download (507kB) |
|
Text
k.Syafiratus Sholehah_20170701072107_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
l.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Daftar Pustaka_TBIN.pdf Download (155kB) |
|
Text
m.Syafiratus Sholehah_20170701072107_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf Download (172kB) |
Abstract
Kata Kunci: Model, CooperativeIntegrated Reading And Composition, Keterampilan Membaca Penelitian ini membahas tentang pembelajaran keterampilan membaca di kelas IXS MP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan, siswa kelas IX yang masih kurang dalam kemampuan membacanya terutama pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca siswa kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penerapanmodel Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Ketiga, bagaimana solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapanmodel Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Keterampilan Membaca di Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan memperpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.Dengan penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition dalam pembelajaran keterampilan membacadi Kelas IX SMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan, diperoleh hasil guru kelas IXSMP Islam Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan telah menerapkan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran keterampilan membaca,model tersebut dapat bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dalam hal ini guru menerapkan pembelajaran dengan cara, mempersiapkan RPP, menyampaikan tujuan pembelajaran, tanya jawab, siswa berdiskusi dengan kelompoknya, membacakan hasil rangkuman teks cerita inspiratif dan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di kelas IX melalui 3 tahapan diantaranya kegiatan awal dengan membentuk lima kelompok, kegiatan inti, berdiskusi dan membuat rangkuman dan kegiatan penutup menyampaikan hasil rangkuman, tiga tahapan tersebut dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat oleh guru dengan memperhatikan capain dan indikator pembelajaran. Kedua, faktor pendukung: sarana dan prasarana yang memadai, yang bisa mendukung saat proses pembelajaran berlangsung seperti media pembelajaran, proyektor, dan audio visual, dan semangat siswa yang tinggi. Faktor penghambat: masih ada sebagian siswa yang masih kurang percaya diri untuk menceritakan kembali hasil rangkuman kepada temannya, suasana kelas yang kurang kondusif. Ketiga, guru memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dalam keterampilan membacanya, guru memberikan motivasi berupa bimbingan khusus kepada siswa yang kurang minat belajarnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:44 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4783 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |