Anam, Ahmad Syariful (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTs Al-Qadiry Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_Cover_ TIPS.pdf Download (120kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_18201501080009_ PERSETUJUAN PEMBIMBING_TIPS.pdf Download (217kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_18201501080009_ HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (221kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_18201501080009_ ABSTRAK_TIPS.pdf Download (158kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ Daftar Isi_ TIPS.pdf Download (96kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ BAB I _ TIPS.pdf Download (317kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ BAB II_ TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ BAB III_ TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ BAB IV_ TIPS.pdf Download (414kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ BAB V_ TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_ 18201501080009_ DAFTAR PUSTAKA_ TIPS.pdf Download (143kB) |
|
Text
Ahmad Syariful Anam_18201501080009_ KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf Download (377kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar, Know-Want To Know-Learned, Mata Pelajaran IPS, Strategi Pembelajaran. Pada pembelajaran IPS, proses belajar mengajar di kelas dilakukan dengan metode ceramah dimana hanya guru yang memberikan informasi sedangkan siswa hanya mendengarkan. Ketika proses pembelajaran tersebut berlangsung, hampir 40% siswa dalam kondisi mengantuk atau mengobrol. Rasa ingin tahu siswa tidak terbangun, kemandirian dalam kegiatan pembelajaran pun sedikit sekali terlihat. Ketekunan yang dimiliki belum tampak. Metode ini juga kurang disenangi oleh siswa karena ketika siswa menyampaikan pendapat dan pertanyaan, siswa kurang paham terhadap materi yang dibahas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan strategi know-want to know-learned dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Al-Qadiry. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi know-want to know-learned dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di MTs Al-Qadiry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dimulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing) dan menganalisis data (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertama, penggunaan strategi KWL telah terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah pada siswa kelas VIII mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan strategi KWL. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap Pra Siklus 69,56, pada siklus I mencapai 73,91% dan pada siklus II mencapai 81,74%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4794 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |