Penerapan Multi Metodepada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan

Imamah, Milayatul (2022) Penerapan Multi Metodepada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_Sampul_TIPS.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_1838182047_Persetujuan_Tips.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Milayatul Imamah 18381082047_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_BAB I_TIPS.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_BAB IV_TIPS.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082080_Daftar Rujukan_TIPS.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Milayatul Imamah_18381082047_Keaslian tulisan_Tips.pdf

Download (208kB)

Abstract

Kata Kunci : Multi metode, IPS. Card Sort, Ceramah Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran guna mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Agar peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pelajaran dengan optimal, keberadaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan proses pembelajaran sangatlah penting, realitasnya pada saat ini kebanyakan guru masih banyak yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak efisien dan juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak didik yang minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan inovasi metode pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan berbagai macam metode pembelajaran/multi metode pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, penerapan multi metode pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan; kedua, Apa saja kekurangan dan kelebihan penerapan multi metode pada mata pelajaran IPS Kelas VIII MTs SA Al-Khairat Tebul Timur diPegantenan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs SA Al-Khairat. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penggunaan multi metode sangat penting untuk diterapkan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), karena penggunaan multi metode menjadikan siswa semakin kreatif lagi serta membuat mereka aktif mengikuti proses pembelajaran. Bentuk multi metode yang digunakan oleh guru IPS di MTs SA AL�Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan diantaranya seperti halnya metode ceramah, metode tanya jawab, metode card sort, adapun tujuan dari penggunaan multi metode, selain agar materi pelajaran dapat selesai dengan tepat waktu, juga untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam belajar. (2) Kekurangan penggunaan berbagai macam metode pembelajaran (multimetode) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan diantaranya yakni kemungkinanan besar kelas bisa mengalami kegaduhan jika kelas tidak dikontrol dengan baik, membutuhkan banyak persiapan keberagaman kemampuan siswa. Adapun kelebihannya yakni dapat meningkatkan antusias belajar siswa mempermudahsiswa dalam memahami pelajaran relevan dengan kurikulum saat ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:23
Last Modified: 13 Dec 2023 04:23
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4810

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item