Yanti, Rustiana Fentiani (2022) Penggunaan Metode Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Cover_TIPS .pdf.pdf Download (100kB) |
|
Text
b). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Halaman Persetujuan_ TIPS.pdf Download (131kB) |
|
Text
c). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Halaman Pengesahan_ TIPS .pdf.pdf Download (202kB) |
|
Text
d). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Abstrak_ TIPS .pdf.docx Download (15kB) |
|
Text
f). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Daftar Isi_ TIPS .pdfr isi.pdf Download (104kB) |
|
Text
f). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Daftar Isi_ TIPS .pdfr isi.pdf Download (104kB) |
|
Text
g). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Bab I_TIPS .pdf.pdf Download (182kB) |
|
Text
h). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Bab II_ TIPS .pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
i). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Bab III_ TIPS .pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
j). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Bab IV_ TIPS .pdf.pdf Download (187kB) |
|
Text
k). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Bab V_ TIPS .pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
l). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Daftar Rujukan_ TIPS .pdf.pdf Download (125kB) |
|
Text
m). Rustiana Fentiani Yanti_20160701080085_Pernyatan Keaslian Tulisan_TIPS .pdf.pdf Download (197kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Jigsaw dan Pembelajaran. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya penggunaan metode jigsaw pada pembelajaran IPS di MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan yang menjadikan siswa lebih aktif dari sebelumnya. Adapun fokus dari penelitian ini: Pertama, bagaimana penggunaan metode jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan ?. Kedua, bagaimana kendala penggunaan metode jigsaw pada Mata Pelajaran IPS kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan?, Ketiga, bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode jigsaw di MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif data deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan yang terakhir dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah dan juga guru IPS itu sendiri sekaligus siswa dari kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Penggunaan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan dapat melatih siswa menyimak dan berani berbicara dalam presentasi kelompok di kelas serta dapat menarik minat belajar siswa. Kedua, Kendala Penggunaan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan menjadikan guru mencari ide untuk mendesain pembelajaran dalam penggunaan metode jigsaw supaya tidak membosankan pada saat belajar sedangkan siswa memiliki kendala awal yang kesulitan dalam menyampaikan pendapat dari isi materi yang ditentukan perkelompok. Ketiga, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darul Akhlaq Dusun Tengah Desa Toronan Pamekasan memiliki peningkatan belajar dari kegiatan belajar sebelumnya sehingga dapat dilihat dari hasil ujian, tanya jawab dan kemampuan presentasi serta tanggung jawab dalam presentasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4819 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |