Sulal, Siti (2022) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Materi Koperasi Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Iv Mi At-Taubah Prajjan Tahun 2020/2021. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SITI SULAL-20170701082065-TIPS-COVER.pdf Download (219kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf Download (189kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf Download (379kB) |
|
Text
SITI SULAL-20170701082065-TIPS-ABSTRAK.doc Download (99kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ DAFTAR ISI_TIPS.pdf Download (184kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ BAB I_TIPS.pdf Download (330kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ BAB IV_TIPS.pdf Download (445kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ DAFTAR RUJUKAN_TIPS.pdf Download (302kB) |
|
Text
Siti Sulal_20170701082065_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf Download (215kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pelajaran IPS, Kooperatif Learning, Jigsaw Prestasi belajar yang diperoleh oleh siswa kelas IV MI At-Taubah Prajjan Sampang tahun 2020/2021 masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses mengajar menggunakan metode konvensional (berpusat pada guru), tanpa melibatkan siswa secara keseluruhan, guru hanya menjelaskan pokok materi pembelajaran lalu hanya memberi PR pada siswa. Hal tersebut menyebabkan kurangnya keaktifan siswa untuk belajar, akibatnya berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Menyikapi hal tersebut, peneliti berkolaborasi denagn guru untuk mengubah keadaan tersebut dengan mengajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi koperasi pada siswa kelas IV MI At-Taubah Prajjan ? dan (2). Apakah model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dapat mencapai target KKM yang telah di tentukan pada kelas IV MI At-Taubah Prajjan ? Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes.Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknin analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS pada materi koperasi telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI. At-Taubah tahun pelaran 2022-2023, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai capaian KKM siswa pada tiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 50% dan pada siklus II nilai capaian KKM siswa meningkat menjadi 85%a pada hasil observasi guru maupun siswa. Peneliti menyarankan pada para guru untuk menggunakan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw agar kemampuan sosial dan kekompakan, kerjasama siswa terus berkembang, sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Siswa hendaknya selalu terlibat secara aktif saat kegiatan belajar mengajar dengan fokus dan memperhatikan guru selama mengikuti pembelajaran, siswa sebaiknya berani dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar yang diadakan oleh guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:24 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |