Penerapan Model Group Investigation dalam pada Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPI Bahrul Huda Pamekasan

Hasanah, Imroatul (2022) Penerapan Model Group Investigation dalam pada Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPI Bahrul Huda Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Imroatul HasanaH_18381082030_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Model Group Investigation, Pelajaran IPS. Dalam memaksimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Kelas VIII SMPI Bahrul Huda Pamekasan dimana sekolah ini berada dalam lingkungan pesantren yang notabene siswanya terdiri dari kalangan santri. Untuk itu dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang relevan dengan materi yang termuat didalamnya, di mana materi yang termuat dalam IPS itu diangkat dari realitas sosial yang ada ditengah masyarakat, juga penyusunan materinya merupakan perwujudan dari Model Group Investigation, sebagai salah satu model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran yang tepat untuk diterapkan. Tujuan dalam penalitian ini yaitu pertama: untuk mengetahui penerapan model group investigation pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPI Bahrul Huda Pamekasan, kedua: untuk mengidentifikasi kendala penerapan model group investigation pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPI Bahrul Huda Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS yang mengajar di Kelas VIII dan siswa kelas VIII SMPI Bahrul Huda Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam menerapkan Model Group Investigation dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMPI Bahrul Huda Pamekasan guru membuat RPP sebagai acuan dalam pembelajaran, guru Mengidentifikasikan topik dan mengatur peserta didik kedalam kelompok, Merencanakan tugas yang akan di pelajari, siswa Melaksanakan investigasi mengumpulkan informasi, menganalisis data dan membuat kesimpulan, menyiapkan laporan akhir: Anggota kelompok menentukan hal-hal yang penting dari hasil investigasi yang telah dilakukan, mempresentasikan laporan akhir, evaluasi: Siswa saling memberikan umpan balik tentang topik, tugas yang dikerjakan, dan pengalaman�pengalaman siswa. Guru dan siswa berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran. kedua, kendala dalam penerapan model group investigation dalam pembelajaran IPS ada dua kendala yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal yaitu siswa sulit menuangkan hasil investigasi kelompok, kurangnya motivasi belajar pada diri dalam pembelajaran siswa sedangkan kendala eksternal keterkaitan peraturan pondok pesantren. Dari hasil diatas, disarankan bagi guru IPS Kelas VIII SMPI Bahrul Huda Pamekasan agar terus mempertahankan penerapan model Group Investigation dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:25
Last Modified: 13 Dec 2023 04:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4825

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item