Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Sosiologi Terhadap Minat Belajar Siswa di MA Nasy-atul Muta’allimin Candi

Harnatun, Harnatun (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Sosiologi Terhadap Minat Belajar Siswa di MA Nasy-atul Muta’allimin Candi. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A Harnatun _18381082025_Cover_TIPS.pdf

Download (245kB)
[img] Text
C Harnatun_18381082025_Lembar Persetujuan_TIPS.pdf

Download (63kB)
[img] Text
D Harnatun_18381082025_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (77kB)
[img] Text
E Harnatun_18381082025_Abstrak_TIPS.pdf

Download (337kB)
[img] Text
F Harnatun_18381082025_Daftar Isi_TIPS.pdf

Download (154kB)
[img] Text
G Harnatun_18381082025_BAB I_TIPS.pdf

Download (480kB)
[img] Text
H Harnatun_18381082025_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
I Harnatun_18381082025_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
J Harnatun_18381082025_BAB IV_TIPS.pdf

Download (411kB)
[img] Text
K Harnatun_18381082025_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
L Harnatun_18381082025_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (368kB)
[img] Text
B Harnatun _18381082025_Keaslian Tulisan_TIPS.pdf

Download (81kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa. Kemampuan atau kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Oleh karena itu peningkatan kemampuan guru khususnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran menjadi faktor penting. Karena kualitas pemdidikan terutama ditentukan melalui proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama, apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sosiologi terhadap minat belajar siswa di MA Nasy-atul Muta'allimin Candi, kedua seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sosiologi terhadap minat belajar siswa di MA Nasy-atul Muta'allimin Candi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskristif. Sumber data diperoleh melalui observasi atau angket. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nasy-atul Muta’allinin Candi pada bulan Maret – Oktober 2022. Objek penelitian adalah seluruh siswaMA Nasy-atul Muta’allinin Candi jurusan IPS yang berjumlah 68 orang. Data tentang persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sosiologi diperoleh berdasarkan angket. Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa :. (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa dengan perolehan hasil uji t thitung>ttabel yaitu 2,024 > 1,997 yang artinya jika thitung lebih besar darittabel maka itu berarti ada pengaruh positif antara kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Sedangkan hasil dari penelitian persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = 44,037 + 0,249 X berarti jika variable kemampuan mengajar guru bernilai nol atau tetap maka akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,249. (2) besaran pengaruh antara kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 5,8% artinya besaran pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa masuk dalam kategori sangat rendah, juga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:25
Last Modified: 13 Dec 2023 04:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4829

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item