Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan

Maulana, Moh. Iksan Ridho (2020) Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPN 4 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Cover_PAI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Lembar_Pengesaha_PAI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Abstrak_PAI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_BAB I_PAI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_BAB IV_PAI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_1821501010107_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Moh. Iksan Ridho Maulana_18201501010107_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_PAI.pdf

Download (170kB)

Abstract

Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Kedisiplinan Belajar Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa itu sangat penting. Keprofesionalimenya guru dalam meningkatkan strategi belajar tersebut sangat diperlukan ketika guru menyampaikan pelaj aran saat kegiatan belajar mengajar berlangsung agar siswa mudah memahami, khususnya dalam mendisiplinkan waktu yang sesuai dengan aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh SMPN 4 Pemekasan. Dengan melalui aturan-aturan sekolah yang telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah, diharapkan siswa mampu menjadi manusia yang lebih baik dengan mendisiplinkan waktunya. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya profesionalisme guru dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan ; kedua, Bagaimana hasil implementasi data dari meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan; ketiga, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru dalam meningk atkan kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif, karena penelitian ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan -gagasan dan pengalaman peneliti. Dan mendukung pembahasan-pembahasan berdasarkan fakta di lapangan, maka peneliti menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap. Selanjutnya dilakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMPN 4 Pamekasan sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan peran guru sebagai pendidik, pelatih, administrasi, dan bimbingan konseling (BK) dalam mendisiplinkan belajar. Keberhasilan guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar bisa dikatakan berhasil. Hal ini dibuktikan anak didik SMPN 4 Pamekasan didiplin masuk kelas, jujur dalam mengerjakan tugas, disiplin sholat dhuhur. Dari hasil diatas, disarankan kepada guru untuk menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, meningkatkan kprofesionalismenya khususnya dalam meningkatka kedisiplinan belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:22
Last Modified: 28 Jan 2021 08:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/515

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item