Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Multiple Intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan

Agussasi, Agussasi (2020) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Multiple Intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_COVER_BKPI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_BAB I_BKPI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_BAB IV_BKPI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
AGUSSASI_2010701090009_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (408kB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Multiple Intellegence Skripsi ini membicarakan tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Ada dua Fokus yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini. Petama, Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu ?. Kedua, Apa hambatan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data didapat oleh peneliti melalui wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Adapun informan atau subjek sdari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan sebagian siswa yang mengikuti program kelas menulis di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan cara perpanjangan waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dapat dipaparkan: Pertama, peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan adalah: 1) Penginformasian Kecerdasan Kinestetik (Bola Volly, Futsal, Basket, dan Seni Tari), Kecerdasan Naturalis (Pramuka), Kecerdasan Logis-Matematis (Catur), Kecerdaan Musik (Tartil dan Sholawat) dalam Ekstrakurikuler yang Tersedia Kepada Siswa. 2) Siswa Difokuskan ke Pengembangan Kecerdasan yang Telah Dipilihnya. 3) Koordinasi dengan Guru Pendamping Ekstrakurikuler Terkait Pengembangan Kecerdasan Siswa. 4) Evaluasi dan Tindak Lanjut dari Pengembangan Kecerdasan yang Tersedia. Kedua, hambatan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan multiple intellegence siswa di SMPN 2 Pademawu Pamekasan adalah: 1) Peserta Didik Malas latihan, 2) Siswa Ikut teman Bermain, 3) Siswa bingung menentukan pengembangan diri, 4) Siswa tidak berkonsultasi langsung ketika ada masalah terkait pengembangan dirinya, 5) Orang tua kurang mengerti terhadap passion anak, 6) Sarana dan Prasana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_020 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:24
Last Modified: 28 Jan 2021 08:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/518

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item