Al qamary, Fasilatin Nadila (2023) Strategi Pemasaran Syariah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan pasca Covid-19. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
01. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_HALAMAN COVER_PBS.pdf Download (80kB) |
|
Text
02. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_PERSETUJUAN_PBS.pdf Download (79kB) |
|
Text
03. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_PENGESAHAN_PBS.pdf Download (99kB) |
|
Text
05. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_DAFTAR ISI DLL_PBS.pdf Download (80kB) |
|
Text
06. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_ABSTRAK_PBS.pdf Download (33kB) |
|
Text
05. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_DAFTAR ISI DLL_PBS.pdf Download (80kB) |
|
Text
07. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_BAB I_PBS.pdf Download (207kB) |
|
Text
08. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
09. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
10. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_BAB IV_PBS.pdf Download (364kB) |
|
Text
11. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
12. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_DAPUS_PBS.pdf Download (151kB) |
|
Text
13. FASILATIN NADILA AL QAMARY_20383022075_KEASLIAN TULISAN_PBS.pdf Download (87kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, Produk Multiguna Strategi pemasaran merupakan aspek penting untuk mencapai hasil dan tujuan yang di inginkan oleh perusahaan. Pasca pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan baru bagi perusahaan, dengan banyaknya perusahaan yang sebelumnya gulung tikar pada masa pandemi covid-19, di mana PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan merupakan salah satu perusahaan lembaga keuangan yang masih tetap beroperasi sampai saat ini. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang strategi pemasaran syariah dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan pasca Covid-19. Dengan adanya persaingan yang semakin hari semakin ketat antar lembaga keuangan lainnya, maka untuk memasarkan produknya tersebut harus di perlukan strategi pemasaran yang kuat untuk menarik minat calon nasabah baru. untuk itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna pasca covid-19 dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk tabungan multiguna pada PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang subjek penelitian ini yaitu BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yang beralamatkan di JL.KH.Agus Salim No. 20 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan pertama, di mana segmentasi pasar BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan membagi pasar menjadi segmen yang lebih kecil yang terdiri dari berkebutuhan dan pembeli. Target pasar yang di tuju yaitu kepada kelas menengah ke bawah seperti petani dan pedagang sedangkan untuk posisi pasar yaitu menggunakan kata yang menarik untuk mengajak masyarakat menjadi nasabah baru di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, segmentasi pasar di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu melakukan pembagian wilayah dengan memilih beberapa desa yang akan menjadi pemasaran, biasanya desa yang dijadikan tempat pemasaran yaitu desa yang penduduknya lebih berprofesi sebagai pedagang dan petani sehingga dapat mempermudah BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam memasarkan produknya, untuk target pemasaran yang di lakukan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu lebih fokus kepada kelas menengah ke bawah seperti para pedagang dan petani, sedangkan untuk posisi pasar BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan menjelaskan tentang keunikan atau keunggulan dari produk multiguna tersebut guna menarik calon nasabah baru. ketiga, faktor penghambat BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan yaitu fasilitas M-bangking yang di mana fasilitas tersebut sangat di butuhkan oleh nasabah agar proses transaksi menabung menjadi lebih efisien sedangkan faktor pendukung nya yaitu pihak BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan menggunakan konsep STP sehingga dalam memasarkan produk multiguna tersebut lebih menghemat waktu, biaya dan tenaga. Ke empat, untuk memaksimalkan faktor pendukung yaitu BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan melakukan evaluasi tentang situasi, kondisi dan posisi pasar seperti mengadakan sosialisasi setiap bulannya. Sedangkan untuk mengantisipasi hambatan yaitu BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan melakukan pemasaran secara terus menerus sembari meyakinkan masyarakat bahwa menabung di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan di jamin aman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 05:35 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5276 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |