Niamah, Hayatun (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Cover_PBS.pdf Download (179kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Lembar Persetujuan Pembimbing_PBS (1).pdf Download (64kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Lembar Pengesahan_PBS (1).pdf Download (72kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Abstrak_PBS.pdf Download (148kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Daftar Isi_PBS.pdf Download (169kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_BAB I_PBS.pdf Download (532kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_BAB II_PBS (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_BAB IV_PBS.pdf Download (520kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Daftar Rujukan_PBS.pdf Download (284kB) |
|
Text
Hayatun Niamah_19383022196_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf Download (109kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pemasaran, Strategi Komunikasi, BPRS Sarana Prima Mandiri Keberhasilan strategi komunikasi dalam pemasaran merupakan tujuan paling utama yang mendukung suatu bisnis menjadi lebih efektif dan efisien bagi perusahaan. Kegagalan dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran dapat mengakibatkan tidak berkembangnya suatu bisnis perusahaan, karena image atas suatu merek bisnis tersebut tidak dikenal oleh masyarakat. Maka perlu diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran itu sangat penting dilakukan supaya bisnis pada suatu perusahaan tertata sesuai dengan apa yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang di lakukan oleh karyawan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam memasarkan produk tabungan multiguna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini berlokasi di Kantor Pusat BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang di terapkan dalam melakukan pemasaran produk tabuangan multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan melalui 2 media yaitu personal (langsung) dan non personal (tidak langsung). Dan yang sering diterapkan adalah strategi komunikasi secara personal (langsung), yang mana komunikasi personal disini mempunyai 2 sistem dalam pemasarannya yaitu one day one street (satu hari satu jalan) dan one day one distreet (satu hari satu wilayah), sistem ini efektif diterapkan karena karyawan ditarget harus selesai satu hari dimana sistem tersebut mulai diterapkan. Dan ada juga 5 tahap adaptasi komunikasi pemasaran yang efektif di lakukan yaitu mengenali calon nasabah baru yang akan di tuju (taaruf), kedua yaitu memahami nasabah (tafahum), ketiga yaitu tukar pendapat (tabayyun), keempat yaitu saling tolong menolong (taawun), dan yang kelima yaitu cinta (hubbun). Selain itu, BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan juga menerapkan kebiasaan yang sering dilakukan yaitu dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat sekitar yang kurang mampu sekaligus bersosialisasi. Sehingga dari sinilah popularitas BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan meningkat, juga mendapatkan respon dan feedback baik dari masyarakat, bahkan nasabah menabung pun bertambah tiap tahunnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 03:42 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 03:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5314 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |