Upaya Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Metode Bermain pada Anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan

Susanti, Melani Mega (2020) Upaya Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Metode Bermain pada Anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Melani Mega Susanti_18201501060028_Cover_PIAUD.pdf

Download (113kB)
[img] Text
c) Melani Mega Susanti_18201501060028_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (525kB)
[img] Text
d) Melani Mega Susanti_18201501060028_Lembar_Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (711kB)
[img] Text
e) Melani Mega Susanti_18201501060028_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (61kB)
[img] Text
f) Melani Mega Susanti_18201501060028_Daftar_Isi_PIAUD.pdf

Download (68kB)
[img] Text
g) Melani Mega Susanti_18201501060028_BAB I_PIAUD.pdf

Download (117kB)
[img] Text
h) Melani Mega Susanti_18201501060028_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text
i) Melani Mega Susanti_18201501060028_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
j) Melani Mega Susanti_18201501060028_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (185kB)
[img] Text
k) Melani Mega Susanti_18201501060028_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
l) Melani Mega Susanti_18201501060028_Daftar_Pustaka_PIAUD.pdf

Download (94kB)
[img] Text
b) Melani Mega Susanti_18201501060028_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya _PIAUD.pdf

Download (272kB)

Abstract

Kata kunci: Upaya Guru, Pendidikan Karakter, Metode Bermain Skripsi ini menjelaskan tentang upaya guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas peneliti Pertama, upaya guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Kedua tentang faktor pendukung guru dalam menanamkan karakter melalui metode bermain di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Ketiga faktor penghambat guru dalam menanamkan karakter melalui metode bermain di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Dan keempat manfaat dalam menanamkan karakter melalui metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Kemudian sumber data tersebut di analisis untuk mencapai tujuan akhir melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan dengan menggunakan teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui metode bermain berjalan dengan baik sesuai tujuan yang diinginkan oleh guru, walaupun sebenarnya masih terdapat faktor penghambat akan tetapi tidak menjadi penghalang dalam proses penanaman karakter pada anak. Kedua, faktor pendukung guru dalam menanamkan karakter melalui metode bermain di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan antara lain adalah media pembelajaran yang efektif, kreativitas guru, tekhnik mengajar guru yang menarik, dan antusias dari peserta didik. Ketiga, faktor penghambat guru adalah sifat anak yang masih labil tidak patuh aturan, cenderung pemalu, usia anak yang masih dini dan sarana bermain yang kurang. Dan keempat, Manfaat dari penanaman pendidikan karakter melalui metode bermain pada anak adalah anak lebih semangat belajar, suasana kelas menjadi hidup, melatih mental anak, anak dapat berperilaku atau bersikap baik, mengembangkan kepercayaan diri anak dst. Mengingat pentinnya menanamkan pendidikan karakter ini maka disarankan bagi guru lembaga pendidikan untuk selalu memberikan motivasi kepada anak agar selalu bersikap baik dan guru harus selalu menjadi contoh yang baik. Agar lebih optimal disarankan para guru bekerja sama dengan wali murid untuk menanamkan karakter dalam lingkup keluarga. Disarankan juga bagi orang tua hendaknya selalu mendukung kegiatan yang ada di sekolah, memberikan bimbingan, motivasi, contoh yang baik, dan memantau setiap gerak gerik anak, karena pendidikan anak merupakan kewajiban orang tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71K ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:57
Last Modified: 29 Jan 2021 02:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/532

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item