Persaingan Usaha antar Pedagang Sembako di Pasar Srimagunan Kecamatan Sampang Ditinjau dari Pandangan Etika Bisnis Islam

Baidoih, Lukluil (2023) Persaingan Usaha antar Pedagang Sembako di Pasar Srimagunan Kecamatan Sampang Ditinjau dari Pandangan Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_COVER_ES.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_ABSTRAK_ES.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_DAFTAR_ISI_ES.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_BAB I_ES.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_BAB IV_ES.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_DAFTAR_PUSTAKA_ES.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Lukluil Baidoih_20383032135_Surat_Pernyataan_Keaslian_ES.pdf

Download (135kB)

Abstract

Kata Kunci: Persaingan,Etika Bisnis Islam,Pedagang Persaingan bisnis sering diartikan sebagai usaha untuk mematikan atau menjatuhkan pebisnis lainnya dan memandang pebisnis lainnya sebagai musuh baginya. Dengan meningkatnya persaingan saat ini, banyak sebagian pedagang yang tidak menghiraukan etika bisnis Islam demi memperoleh keuntungan yang tinggi. Di Pasar Srimagunan masih ada beberapa pedagangan dalam penerapannya masih tidak sesuai dengan etika bisnis islam. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pemasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana bentuk persaingan usaha pedagang sembako di pasar Srimagunan Sampang, kedua bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik persaingan usaha pedagang sembako di pasar Srimagunan Sampang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Kepala pasar, dan pedagang sembako. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Persaingan usaha antar pedagang sembako yang terjadi di pasar Srimagunan meliputi empat objek yang dipersaingkan yaitu pertama persaingan produk, para pedagang sembako memberikan kualitas terbaik dan kelengkapan barang. Kemudian dalam persaingan harga, Para pedagang sembako rata-rata mematok harga pasar. Selain itu, terdapat persaingan tempat, para pedagang sembako tidak terlalu memikirkan mengenai tempat baik dari segi lokasi maupun ukuran kios. Yang terakhir yaitu persaingan pelayanan, para pedagang sembako rata-rata sudah berupaya memberikan pelayanan yang terbaik. Kedua,Tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha antar pedagang sembako di pasar Srimagunan mencakup lima prinsip yaitu pertama prinsip ketauhidan, para pedagang sembako di pasar Srimagunan menjalankan suatu persaingan usaha yang sehat. Kemudian terdapat prinsip keseimbangan yang dimana para pedagang sembako di pasar Srimagunan berupaya berbuat adil dalam segi penimbangan dan penakaran suatu barang. Selanjutnya terdapat prinsip kehendak bebas, para pedagang sembako di pasar Srimagunan bebas dalam menentukan harga tanpa adanya intervensi dari pihak manapun Selain itu, prinsip tanggung jawab, para pedagang sembako di pasar Srimagunan senantiasa bertanggungjawab jika terdapat pembeli yang complain dengan bersedia mengganti barang yang lebih baik. Yang terakhir yaitu kebenaran para pedagang berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pembeli seperti bersikap ramah, sopan, murah senyum, dan bertutur kata baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:16
Last Modified: 27 Mar 2024 04:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5340

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item