Jannah, Mamluatul (2020) Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (122kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (175kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (228kB) |
|
Text
4 ABSTRAK- MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.doc Download (20kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (158kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI -MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (93kB) |
|
Text
7 BAB I - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (177kB) |
|
Text
8 BAB II - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
|
Text
9 BAB III - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
10 BAB IV - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (281kB) |
|
Text
11 BAB V - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (84kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (267kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (521kB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP - MAMLUATUL JANNAH 20160701060034.pdf Download (184kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter mandiri anak di RA Islamiyah I Bujur Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran guru sangat membantu dalam pembentukan karakter mandiri anak yang sudah terbiasa dibantu oleh orang tuanya ketika dirumah, dapat melakukan aktivitasnya sendiri disekolah dan kegiatan anak dirumah. Kedua, strategi yang dilakukan guru ialah melakukan pendekatan langsung kepada anak dengan cara dimasukkannya pendidikan karakter mandiri kedalam proses pembelajaran, sehingga guru dapat memberikan anak aktivitas yang mengarah pada pembiasaan, keteladanan dan kedisiplinan. Ketiga, faktor penghambat guru dalam membentuk karakter mandiri anak yaitu kurangnya pengertian dari orangtua anak yang over protektif terhadap anak di sekolah. Selain itu waktu pembelajaran yang hanya sekitar satu jam menjadikan anak kurang berinteraksi dengan teman- temannya dan lingkungan sekolah. Keempat, solusi dari faktor penghambat pembentukan karakter mandiri anak yaitu pengertian dari orangtua anak berupa tidak menemani anak masuk ke dalam kelas. Selain itu, penambahan jam pelajaran yakni memberikan tambahan waktu bagi anak untuk lebih berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71K ?? ?? m_131 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 03:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/540 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |