Dzikriyatun, Dzikriyatun (2020) Strategi Pembelajaran Sains dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Mardhatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Cover_ PIAUD.pdf Download (95kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Lembar Persetujuan Pembimbing_ PIAUD.pdf.pdf Download (76kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Lembar Pengesahan_ PIAUD.pdf.pdf Download (148kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Abstrak_ PIAUD.pdf Download (116kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Daftar Isi_ PIAUD.pdf Download (202kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Bab 1_ PIAUD.pdf Download (288kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Bab II_ PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Bab III_ PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Bab IV_ PIAUD.pdf Download (354kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Bab V_ PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Dzikriyatun_ 20160701060009_ Daftar Pustaka_ PIAUD.pdf Download (216kB) |
|
Text
Dzikriyatun_20160701060009_Pernyataan Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sains, Kreativitas Strategi yaitu suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja untuk melakukan kegiatan atau tindakan mencakup tujuan kegiatan, siapa yang terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, dan sarana penunjang kegiatan. Keterlibatan guru sangat penting dalam proses belajar mengajar agar guru dapat mengetahui seberapa paham peserta didik terhadap pelajaran yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Apa saja strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran sains di PAUD Mardhatillah Kecamtan Pasean Kabupaten Pamekasan?, kedua, Bagaimana langkah-langkah guru dalam penerapan strategi pembelajaran Sains pada anak di PAUD Mardhatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan?, ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran Sains di PAUD Mardhatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan tekhnik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan peeliti, dan triangulasi. Setelah peneliti melakukan penelitian di PAUD Mardhatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan dapat disimpulkan pertama, Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran sains di Paud Mardhatillah Kecamtan Pasean Kabupaten Pamekasan antara lain adalah strategi pembelajaran individual dan strategi pembelajaran kelompok. Kedua, Langkah-langkah guru dalam penerapan strategi pembelajaran Sains pada anak di Paud Mardatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan antara lain adalah menggunakan 5 M Mengamati, menanya, mengupulkan, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran Sains di Paud Mardatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan antara lain adalah tekhnik mengajar guru yang menarik, antusias peserta didik, dan media pembelajaran yang efektif. Adapun faktor penghambatnya adalah sifat anak yang masih agresif, tidak mau berbagi, merebut milik orang lain, anak tidak patuh atau tidak mau mengikuti aturan, usia anak yang masih terbilang dini, dan rendahnya kreatifitas guru
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 03:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 03:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/541 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |