Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Arudam 99 Tour Dan Travel Pasca Pandemi Covid-19

Jannah, Uzlifatul (2024) Strategi Pemasaran Dan Pelayanan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Arudam 99 Tour Dan Travel Pasca Pandemi Covid-19. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Cover_ES.pdf

Download (208kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (100kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (172kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Abstrak_ES.pdf

Download (185kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (194kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_BAB I_ES.pdf

Download (449kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_BAB IV_ES.pdf

Download (619kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (301kB)
[img] Text
UZLIFATUL JANNAH_19383032069_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_ES.pdf

Download (141kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pelayanan, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) PT. Arudam 99 Tour dan Travel, Pasca Pandemi Covid-19 Di Indonesia, peminat ibadah umrah semakin meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu, biro penyelenggara perjalanan ibadah umrah semakin gencar memasarkan produk jasanya. Namun penyebaran virus Covid-19 secara mendunia pada tahun 2021 menyebabkan seluruh pemberangkatan haji dan umrah dibatalkan. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama mengeluarkan keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2020 M. Adanya pembatalan tersebut berdampak buruk terhadap PT. Arudam 99 Tour dan Travel yang bergerak dibidang Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang berlokasi di Madura. Setelah dua tahun berlalu pandemi mulai reda, maka dibutuhkan strategi pemasaran dan pelayanan untuk kembali menghidupkan PT. Arudam 99 Tour dan Travel yang sempat berhenti total sebelumnya. Dari paparan diatas, maka penelitian ini difokuskan pada dua fokus penelitian; pertama untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Arudam 99 Tour dan Travel pasca pandemi covid-19. Kedua, untuk mengetahui strategi pelayanan PT. Arudam 99 Tour dan Travel pasca pandemi covid-19. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis oenelitian deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa katakata tertulis atau lisan dari orang-orang dan berperilaku yang dapat diamati yang diarahkan pada latar dan individu secara utuh. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data jenis observasi non partisipan yaitu peneliti sebagai penyimak atau penonton terhadap semua kegiatan atau kejadian yang terjadi di lokasi penelitian dan akan dijadikan topik pembahasan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur yaitu wawancara yang lebih bebas daripada wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjuka bahwa strategi pemasaran dan pelayanan yang diterapkan oleh PT. Arudam 99 Tour dan Travel Pamekasan pasca pandemi Covid-19. Strategi yaitu meliputi strategi segmenting, targeting dan positioning. Selain itu PT. Arudam 99 juga menggunakan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Physical Evidence, dan Process). Strategi pemasaran yang paling potensial adalah tiga strategi yaitu produk, harga, dan promosi. Sedangkan strategi pelayanan yang diterapkan oleh PT. Arudam 99 Tour dan travel pasca pandemi meliputi strategi reliability, assurance, tangible, empathy dan responsive. Dari kelima strategi pelayann tersebut semuanya sangat berpengaruh untuk meningkatkan jumlah jamaah PT. Arudam 99 kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:21
Last Modified: 24 Jun 2024 08:21
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5441

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item